BUPATI CIAMIS BAGIKAN KARTU CALAKAN DI SMKN 2 CIAMIS

Bertempat di Aula SMKN 2 Ciamis, Jum’at 18 November 2016 Bupati Ciamis membagikan Kartu Calakan dan Beasiswa Rawan Drop Out bagi peserta didik SMA dan SMK Negeri/Swasta Tahun Anggaran 2016. Mengawali acara, dalam laporannya, Kepala Bidang Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ciamis Drs.H.ANTO RISYANTO,M.Pd mengatakan bahwa,”Kartu Calakan ini diluncurkan untuk pertama kalinya diakhir tahun 2014 oleh Bupati Ciamis dan Wakil Bupati Ciamis pada waktu itu di LTPKD Kabupaten Ciamis. Selanjutnya diawal tahun 2015 sampai saat ini (2016) telah dibagikan lebih dari 1.800 Kartu Calakan kepada para siswa SD, SMP, SMA/SMK di Kabupaten Ciamis. Khusus untuk siswa/siswi bantuan yang diberikan sebesar 1 juta rupiah per-orang tanpa pajak diberikan kepada sebanyak 262 orang siswa dengan rincian untuk SMA 78 dan untuk SMK sebanyak 184 siswa, tujuannya untuk membantu siswa/siswi yang rawan Drop Out agar dapat lulus jenjang SMA/SMK.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin dalam sambutannya, menyampaikan bahwa,”Kegiatan ini merupakan salah satu bagian program Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam rangka “Pengentasan Kemiskinan” yang dilaksanakan oleh Lembaga Terpadu Penanggulangan Kemiskinan (LTPKD) Kabupaten Ciamis yang telah mendapatkan apresiasi berupa penghargaan INAGARA Award dari LAN-RI pada tahun 2015, yaitu penghargaan yang diberikan kepada Kepala Daerah yang peduli terhadap Inovasi Administrasi Negara. Bupati melanjutkan, ”Berbeda dengan kebupaten/kota lainnya, Kabupaten Ciamis mensinergikan berbagai program pemerintah pusat dengan program pembangunan Kabupaten Ciamis sehingga jumlah bantuan lebih besar daripada yang disediakan oleh pemerintah pusat contohnya pelaksanaan BPJS, dari pemerintah pusat kita menerima 96.000 Kartu Indonesia Sehat selanjutnya Pemerintah Kabupaten Ciamis mensinergikan pelayanan tersebut dengan menambah sebanyak 31.000 dengan nilai dan kegunaan juga sama dengan nama BPJS Ciamis Walagri, begitupula dengan kegiatan yang dilaksanakan pada pagi hari ini, yaitu Program Indonesia Pintar disinergikan dengan Program Ciamis Calakan dengan jumlah 1.600 Kartu per-tahun.

Diakhir sambutannya bupati berpesan,”Gunakanlah bantuan ini untuk kebutuhan-kebutuhan yang berhubungan dengan keperluan pendidikan seperti buku, seragam dan kebutuhan lainnya”. Bupati menegaskan, bahwa kegiatan ini merupakan program inovasi daerah sebagai perwujudan kepedulian Pemerintah Kabupaten Ciamis terhadap masyarakat di bidang pendidikan. Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pembagian Kartu Calakan langsung kepada para siswa/siswi SMA/SMK secara simbolik oleh Bupati Ciamis.

Release by : Humas-SETDA Kabupaten Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab