HUT PGRI KE-71 DAN HARI GURU NASIONAL KE-22 TAHUN 2016 TINGKAT KABUPATEN CIAMIS

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-71 dan Hari Guru Nasional ke-22 Tahun 2016, Pengurus PGRI Kabupaten Ciamis mulai Kamis 24 November 2016 sampai dengan Sabtu (26/11) melaksanakan sejumlah perlombaan/pertandingan Olahraga, Kesenian dan Lomba Cerdas Cermat (LCC). Peringatan HUT PGRI tahun ini mengusung tema “Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatakan Mutu Pendidikan”, sedangkan tema Hari Guru tahun 2016 adalah “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya”. Demikian disampaikan Ketua PGRI Kabupaten Ciamis DR. H. Endang Rahmat, M.Pd mengawali laporannya dihadapan Bupati Ciamis, tamu undangan dan para atlet dan peserta upacara di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis, Kamis (24/11). Masih dalam laporannya, Endang menyampaikan bahwa,”Peringatan Hari Ulang Tahun PGRI dan Hari Guru merupakan agenda penting dan selalu diperingati disetiap jenjang, mulai tingkat pusat sampai dengan tingkat ranting. Bahkan di setiap individu anggota PGRI merasakan hal yang istimewa dalam momentum tersebut. Hal tersebut dikarenakan bukan saja nilai historis dan rangkaian perjuangannya saja, akan tetapi tata nilai yang terkandung dalam HUT PGRI dan Hari Guru Nasional bagi seluruh warga PGRI pada khususnya dan masyarakat pada umumnya”.  Selain upacara sebagai puncak peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional di Kabupaten Ciamis tang telah teragendakan, diselenggarakan pula beberapa kegiatan pertandingan olahraga seperti: Bola Voli, Futsal, Bulutangkis. Seni: Paduan Suara dan Lomba Cerdas Cermat. Keseluruhan kegiatan yang dilaksanakan ini bukan semata-mata untuk berkompetisi, melainkan juga untuk meningkatkan kebersamaan, gairah kerja, menambah wawasan dan untuk meningkatkan  profesionalitas Guru, “demikian endang menutup laporannya. Dalam pelaksanaannya Bola Voli Putera dan Puteri akan diselenggarakan di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Ciamis, Bulutangkis dilaksanakan di GOR Bintang Pusaka, Futsal Putera dan Puteri di Futsal Aladin, untuk Lomba Paduan Suara akan dilaksanakan di Gedung Galuh Rahayu (Gedung Golkar) Ciamis dan Lomba Cerdas Cermat dilaksanakan di Wisma PGRI Ciamis. Seluruh kgeiatan dan lomba diikuti ole 26 Cabang PGRI di Kabupaten Ciamis. Akomodasi ditanggung oleh cabang masing-masing, sedangkan untuk peserta yang membutuhkan penginapan, panitia menyediakan fasilitas penginapan di Wisma PGRI Ciamis dengan keringanan biaya sewa sebesar 50% dari harga normal.

Bupati Ciamis yang hadir sekaligus membuka kegiatan, menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan ini, yang ditandaskan dalam sambutannya dengan menyampaikan bahwa: ”Kegiatan yang sebentar lagi digelar sangat erat sekali hubungannya dan mendukung terhadap salah satu Misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kabupaten Ciamis, yaitu peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia akan terwujud apabila dunia pendidikan yang berkualitas, dunia pendidikan akan berhasil apabila di dalamnya ada tenaga pendidik, tenaga pendidik akan berhasil apabila didalamnya ditunjang dengan tenaga kependidikan yang profesional. Kesemuanya itu bersinergis, selaras antara program pemerintah dan program pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia”. Masih dalam sambutannya, Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin mengucapkan selamat ulang tahun untuk PGRI dan Guru dimana saja berada diiringi ucapan terima kasih segala upaya dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru yang merupakan salah satu bagian komponen bangsa, kita percaya dengan pendidikan kita akan dapat mewujudkan negara dan bangsa yang maju. Bupati melanjutkan, ”Kontribusi PGRI dan Guru terhadap pembangunan sangat signifikan, dunia pendidikan, kegiatan pendidikan, dinas pendidikan termasuk di dalamnya seluruh guru adalah memnempati porsi terbesar dalam akses pembangunan di Kabupaten Ciamis. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah APBD Kabupaten Ciamis yang dialokasikan untuk dunia pendidikan di Kabupaten Ciamis lebih dari 60%. Artinya bahwa dunia pendidikan adalah suatu lembaga/Dinas/personal-personal yang strategis untuk menghasilkan kualitas masyarakat yang lebih maju, demikian lanjut Bupati dalam sambutannya.

Masih dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengapresiasi lembaga-lembaga pendidikan, guru dan pendidik, siswa/siswi serta seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan kepramukaan di Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis guna mendukung menuju Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis sebagai Kwartir Cabang Gerakan Pramuka ‘teraktif’ di Jawa Barat. Demikian halnya apresiasi dan perhargaan yang tinggi disampaikan Bupati kepada seluruh insan pendidikan atas kontribusi, sumbangan dan kesukarelaannya terhadap Palang Merah Indonesia. Tercatat jumlah yang terbesar penyumbang darah ke PMI Kabupaten Ciamis berasal dari kalangan dunia pendidikan. Bupati menambahkan, ”Karena sejatinya manusia yang baik adalah manusia yang memberikan manfaat bagi manusia lainnya”.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan,”PGRI adalah organisasi profesi yang besar, untuk itu gunakanlah ‘gerbong’ yang besar ini untuk mencapai visi dan misi PGRI dan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Ciamis, tetaplah pada relnya yaitu tujuan organisasi jangan pernah keluar jalur yang telah ditentukan, yaitu keluar dari tujuan organisasi.

Release by : Humas-SETDA Kabupaten Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab