PORSADIN IV TAHUN 2016 TINGKAT KABUPATEN CIAMIS DI KECAMATAN RAJADESA

Pekan Olahraga dan Seni Santri Diniyah Takmiliyah (PORSADIN) IV Tingkat Kabupaten Ciamis dibuka Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin Sabtu 26 November 2016 di Masjid Besar Baitul Huda Kecamatan Rajadesa. “Dasar kegiatan ini yaitu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Perda Kabupaten Ciamis Nomor 1 Tahun 2008 jo Perda Kabupaten Ciamis Nomor 9 Tahun 2010 tentang Pendidikan Diniyah, Peraturan Bupati Ciamis Nomor 35a Tahun 2015 tentang Pendidikan Diniyah, Program Kerja FKDT Kabupaten Ciamis, Keputusan Musyawarah FKDT Kabupten Ciamis tanggal 12 Oktober 2016 tentang Pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni antar Diniyah (PORSADIN) IV Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2016”, demikian disampaikan  Anwar Baehaqi, M.PdI dalam laporannya dihadapan Bupati Ciamis, Unsur DPRD Kabupaten Ciamis, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Drs. H. Herdiat s, MM, Asisten Ekbangkesra Setda Kabupaten Ciamis Drs. H.M. Soekiman, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan para undangan dan peserta yang hadir. Ditambahkan dalam laporannya, bahwa tujuan dilaksanakannya PORSADIN IV Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2016 ini adalah: Sebagai sarana silaturahmi antar santri, pengelola dan pihak pemerhati Diniyah Takmiliyah; Menyemarakan Syi’ar Islam di masyarakat, terutama untuk kemajuan pendidikan Islam; Meningkatkan tali ukhuwah Islamiah diantara para pengelola dan santri Diniyah Takmiliyah di Kabupaten Ciamis serta semua pihak yang peduli terhadap kemajuan pendidikan diniyah; dan Terwujudnya prestasi Diniyah Takmiliyah di tingkat kabupaten, tingkat provinsi sampai dengan tingkat nasional. Tempat pelaksanaan kegiatan dipusatkan di Kecamatan Rajadesa, dilaksanakan mulai tanggal 25 sampai dengan 27 November 2016. Adapun mata lomba yang diselenggarakan antara lain: Tahfidz, Cerdas Cermat, Pidato Bahasa Arab, Pidato Bahasa Indonesia, Kaligrafi, Murrotal wal Imla, qasidah rebana guru. Olahraga meliputi: Atletik dan futsal. Cabang seni dan akademik meliputi: Qiro’atul Quttub dan Qasidah rebana. Peserta PORSADIN IV Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2016 terdiri dari: Utusan dari masing-masing kecamatan di Kabupaten Ciamis sebanyak 1.201 peserta, official 546 orang, Ketua Kafilah 26 orang, jumlah keseluruhan mencapai 1.773 orang, belum termasuk pendamping peserta. Kepanitiaan terdiri dari unsur FKDT Kabupaten Ciamis dan FKDT Kecamatan se-Kabupaten Ciamis. Kegiatan ini dibiayai dari berbagai sumber, yaitu Kas FKDT Kabupaten Ciamis, “rereongan” FKDT Kecamatan se-Kabupaten Ciamis, donatur para dermawan, bantuan dari BAZNAS Kabupaten Ciamis, Bantuan dari Pemerintah Kabupaten Ciamis, Bantuan dari Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis yang hadir sekaligus membuka kegiatan tersebut yang secara simbolik ditandai dengan pemukulan beduk dan disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir, dalam sambutannya menyatakan bahwa, ”Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat strategis dan merupakan suatu ajang guna menyongsong masa depan Indonesia yang lebih baik. Bupati mengapresiasi pernyataan Ketua PORSADIN Provinsi Jawa Barat dan Ketua PORSADIN Kabupaten Ciamis dalam sambutannya, bahwa misi kegiatan ini adalah untuk melahirkan anak-anak peserta didik generasi penerus bangsa yang memiliki ilmu pengetahuan, baik itu pengetahuan bidang  keagamaan dan pengetahuan umum, juga mempunyai karakter dan akhlak yang baik. Dengan PORSADIN kita berharap generasi kita kedepan dibekali ilmu guna menghadapi tantangan di masa depan yang labih berat.

Selanjutnya dalam kesempatan itu Bupati menyampaikan ucapan terima kasih  dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh keluarga besar FKDT melalui PORSADIN yang telah membantu mewujudkan masyarakat Kabupaten Ciamis yang ber-Akhlakul Karimah yang memiliki ilmu, karakter dan masa depan yang lebih baik. Bupati pun dalam sambutannya mempermaklumkan kepada panitia, bahwa bantuan yang disampaikan masih terbatas sesuai dengan kemampuan dan peratruan yang berlaku di Pemerintah Kabupaten Ciamis. Masih dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi hadirnya Mobil Perpustakaan keliling di lokasi lomba yang dapat dipergunakan oleh masyarakat dan peserta PORSADIN disela-sela pelaksanaan lomba, dan pastinya akan sangat bermanfaat untuk menambah ilmu, pengetahuan dan wawasan. Selanjutnya guna mendukung pelaksanaan kegiatan ini Bupati telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dengan menyediakan fasilitas kesehatan berupa kesiap-siagaan pelayanan di beberapa Puskesmas sekitar lokasi kegiatan seperti Puskesmas Rajadesa, Puskesmas Jatinagara, Puskesmas Rancah.

Masih dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyampaikan rasa kebangaannya terhadap peran serta aktif Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Rajadesa, Gugus Depan Pangkalan Madrasah Tsanawiyah Negeri Rajadesa yang telah meraih prestasi sebagai Juara I dalam kegiatan Lomba Tingkat IV Jawa Barat yang baru saja berakhir di Jatinangor Sumedang. Prestasi tersebut merupakan bukti dari komitmen, kerja keras dan dukungan serta do’a dari semua pihak terhadap kemajuan kepramukaan di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis.

Diakhir sambutannya, Bupati Ciamis menitipkan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk memelihara dan terus mengembangkan pendidikan diniyah karena  merupakan asset bangsa dan asset masyarakat dan yang terpenting adalah merupakan asset keluarga. Bupati juga menitipkan seluruh sarana dan prasarana yang telah dan sedang dibangun seperti sarana pandidikan, sarana kesehatan termasuk infrastruktur jalan dan telah berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat setempat dan sekitarnya.

Release by : Humas-SETDA Kabupaten Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab