PORSENITAS “KUNCIBERSAMA” V TAHUN 2016

Bertempat di Stadion Ranggajati Kabupataen Cirebon, selasa 13 Desember 2016 PORSENITAS “KUNCIBERSAMA” ke-5 Tahun 2016 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Iwa Karniawa, SE.Ak, MM, CA, PIA ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pelapasan balon. Acara diawali dengan devile kontingen seluruh anggota “KUNCIBERSAMA” dilanjutkan dengan penyampaian laporan Panitia Penyelengara yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon Drs. Yayat Ruhyat, M.Si, yang dalam laporannya menyampaikan, bahwa, “Maksud kegiatan ini adalah sukses dalam pencapaian peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN), sedangkan tujuannya adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar ASN, meningkatkan kesadaran ASN untuk teratur berolahraga yang berkesinambungan, menanamkan nilai-nilail luhur terhadap budaya dan kearifan lokal, sehingga dapat terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari, mempertahankan dan meningkatkan kerja sama di bidang pembangunan antar daerah perbatasan sehingga tercipta pemerataan pembangunan di kabupaten/kota wilayah perbatasan Jawa Barat dab Jawa Tengah.

Masih dalam laporannya, Sekda Kabupaten Cirebon menyebutkan bahwa, “PORSENITAS “KUNCIBERSAMA” ke-5 Tahun 2016 ini akan dilaksanakan selama 5 hari, yaitu mulai selasa (13/12) sampai dengan Sabtu (17/12). Jumlah peserta yang berasal dari 9 kabupaten/kota, yaitu: Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cilacap, Kota Banjar, Kabupaten Brebes, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Cirebon, dengan jumlah keseluruhan peserta sebanyak 1.016 atlet dan 257 official. Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi: Catur putera, tenis meja putera dan puteri, bola voli indoor putera dan puteri, bola baskset putera, bulutangkis putera dan puteri, tenis lapangan putera dan puteri, futsal putera dan puteri, biliar putera, senam, olahraga tradisional, gerak jalan putera dan puteri, sepak bola eksekutif, golf, pentas seni dan pameran yang diikuti oleh seluruh kontingen. Pameran menyajikan produk unggulan masing-masing kabupaten/kota BKAD “KUNCIBERSAMA”.

Selanjutnya adalah sambutan Ketua Badan Koordinasi Antar Daerah (BKAD) H. Aang Hamid Suganda menyampaikan bahwa, “Dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) BKAD “KUNCIBERAMA” telah menyusun serangkaian tahapan melalui: TAHAP I, Percepatan pembangunan di wilayah perbatasan melalui peningkatan sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan, TAHAP II, melalui peningkatan pertumbuhan ekonomi yang memiliki produk unggulan berskala nasional maupun internasional, TAHAP III,  membangun kemandirian dan daya saing wilayah, melalui pelaksanaan pembangunan yang terintegrasi dan berkesinambungan. Diakhir sambutannya Aang berharap, kerja sama BKAD “KUNCIBERSAMA” dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera dengan menggunakan konsep “pemerataan yang berkeadilan”, karena kesejahteraan itu harus dinikmati bersama dan mencerminkan kualitas hidup masyarakat”, pungkasnya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Dr. H. Iwa Karniwa, SE,Ak, MM, CA, PIA yang membacakan sambutan Gubernur Jawa Barat, sebagai berikut: “Bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyambut baik penyelenggaraan PORSENITAS “KUNCIBERSAMA” ke-5 Tahun 2016 dan pemahamannya harus lebih dari sekedar pertandingan olahraga, namun lebih dari itu, yaitu meningkatkan tali silaturahmi bagi seluruh masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota yang berada di daerah perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Seusai penyampaian sambutan Gubernur Jawa Barat, Sekda Provinsi Jawa Barat bersama para bupati dan walikota BKAD “KUNCIBERSAMA” melaksanakan penekanan tombol sirine dan pelepasan balon sebagai tanda dimulainya PORSENITAS “KUNCIBERSAMA” ke-5 Tahun 2016.

Release by : Humas-SETDA Kabupaten Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab