BUPATI CIAMIS LEPAS 686 MAHASISWA KKN UNIGAL

Bertempat di halaman Pendopo Kabupaten Ciamis Rabu 1 Februari 2017 Bupati Ciamis melepas 686 Mahasiswa Universitas Galuh Ciamis (UNIGAL) untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I Tahun 2016/2017. Pelaksanaan KKN ini merupakan salah satu bentuk nyata upaya Universitas Galuh Ciamis untuk turut berperan secara aktif dalam menyokong pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Demikian dilaporkan Rektor UNIGAL Dr. H. Yat Rospia Brata, Drs., M.Si mengawali acara pelepasan. Lanjut Rektor, ”bahwa KKN juga merupakan perwujudan peran perguruan tinggi dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Tema yang diusung dalam KKN Periode ini adalah “PEMBENTUKAN POS PEMBERDAYAAN KELUARGA DALAM MENINGKATKAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KABUPATEN CIAMIS”. “Tema ini merupakan keberlanjutan program yang digagas oleh UNIGAL setelah pada KKN periode-periode sebelumnya juga berupaya untuk membentuk sejumlah “POSDAYA” di kecamatan-kecamatan di Kabupaten Ciamis”.  Lanjut Rektor.

Pos Pemberdayaan Keluarga atau disingkat “POSDAYA” merupakan wadah yang akan dibangun UNIGAL di tengah-tengah masyarakat desa sebagai wahana untuk mengkoordinasikan sekaligus mensinergikan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa. Melalui “POSDAYA”, kami berharap Pemerintah dan masyarakat desa memiliki rumusan agenda pembangunan yang lebih operasional dan terinci sebagai kerangka sistematis dari RPJM Des (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa). Lanjut Rektor. Melalui keberadaan “POSDAYA” di desa-desa, maka rencana pembangunan menjadi lebih mudah untuk diwujudkan karena wadah ini dibentuk oleh dan untuk masyarakat. hal terpenting dari semua itu adalah bahwa “POSDAYA” menjadi sarana masyarakat membangun kemampuan untuk meningkatkan kesejahteraan secara mandiri dan berkelanjutan. Bagi UNIGAL, keberadaan “POSDAYA” hasil karya Mahasiswa akan membuwa peluang lanjutan bagi Mahasiswa dan dosen untuk mengimplementasikan hasil-hasil riset yang dilakukannya kepada masyarakat desa, disesuaikan dengan potensi dan kebutuhan masing-masing desa. Rektor berharap, melalui kerja sama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Ciamis dengan Universitas Galuh Ciamis, program ini akan berlangsung secara terus-menerus hingga masyarakat di perdesan sebagai sasarannya dapat merasakan peningkatan kesejahteraan yang signifikan.

KKN Universitas Galuh Ciamis Periode I Tahun 2016/2017 diikuti oleh 686 Mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas dan akan berada sepenuhnya di lapangan mulai Rabu (1/2) sampai dengan bulan Maret 2017. Sebagai penguat program, keberadaan Mahasiswa di lapangan didampingi oleh 14 dosen pembimbing. Seluruh peserta KKN akan disebar ke 27 Desa di 5 kecamatan, yaitu: Kecamatan Pamarican, Lakbok, Purwadadi, Banjaranyar dan Kecamatan Banjarsari. Dengan terget kegiatan terbentuknya “POSDAYA” di wilayah tersebut minimal 1 “POSDAYA” di setiap desa, “Tutup Rektor.

Bupati Ciamis dalam amanatnya menyampaikan, bahwa, “POSDAYA” merupakan suatu program yang menyentuh kepentingan masyarakat, karena kekuatan bangsa akan terwujud dari keluarga yang kuat. Untuk itu Bupati sangat mengapresiasi konsep “POSDAYA” ini, konsep ini telah bersinergi dengan prorgam-program pemerintah seperti kesehatan, pendidikan, daya beli masyarakat dan program-progam lainnya. Berkaitan dengan lokasi tempat pelaksanaan KKN, Bupati berpesan, “Mengingat cuaca ekstrim akhir-akhir ini, berpotensi menimbulkan berbagai bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung, maka diharapkan para Mahasiswa berhati-hati dan selalu waspada. Sebagai salah satu upaya pencegahan bencana di selaraskan dengan kegiatan penghijauan, Bupati mengamanatkan kepada seluruh Mahasiswa KKN untuk menanam bibit pohon kelapa di lokasi KKN, yang bibitnya akan dikirim oleh SKPD terkait untuk ditanam di lokasi masing-masing, sehingga minimal sebanyak 686 bibit kepala tertanam di lokasi KKN.  

Menutup sambutannya Bupati mengharapkan dukungan Mahasiswa untuk melanjutkan memotivasi masyarakat di lokasi masing-masing dalam Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang secara terus menerus digulirkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis. Terutama menjelang perubahan musim dari musim hujan ke musim kemarau yang biasanya diikuti oleh berkembangbiaknya nyamuk Aedes Aegypti yaitu nyamuk penyebab Demam Berdarah dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.   

Menutup kegiatan pelepasan peserta KKN, Rektor Universitas Galuh menyerahkan Cendera mata kepada Bupati Ciamis, dan dilanjutkan dengan pemakaikan topi secara seimbolik kepada dua orang perwakilan peserta KKN Universitas Galuh Ciamis Periode I Tahun 2016/2017 oleh Bupati Ciamis dan Rektor Universitas Galuh.

Sumber : Press Release Humas Setda

AUTHOR: Ciamiskab