BNNK CIAMIS MELAKUKAN KOORDINASI DENGAN INSTANSI TERKAIT DALAM MEREHABILITASI PECANDU NARKOBA

BNNK Ciamis, 8 Februari 2017

Program Rehabilitasi merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi BNN dalam upaya Pencegahan  Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Terjadinya peningkatan angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia, dari angka 2.14% menjadi 2,20% atau setara dengan 4,1 juta orang, menunjukan perlunya optimalisasi upaya P4GN, salah satunya  melalui upaya rehabilitasi terhadap pecandu narkoba.

Sehubungan dengan itu BNNK Ciamis menggelar acara Rapat Kerja dan Kooordinasi Tingkat Kabupaten Ciamis dengan berbagai instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, RSUD, Puskesmas, Lapas dan Panti-panti Rehabilitasi Sosial. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Februari 2017 bertempat di Aula Hartini, Hotel Priangan Ciamis.

“Langkah strategis untuk pengembangan akses layanan rehabilitasi pecandu narkoba yang terintegrasi dan berkelanjutan, serta mengoptimalkan peran instansi/lembaga terkait baik instansi pemerintah maupun komponen masyarakat merupakan kunci keberhasilan pelaksanaan rehabilitasi”. Demikian Drs. Deddy Mudyana MSi, Kepala BNNK Ciamis menyampaikan paparannya dihadapan peserta rapat kerja dan koordinasi.

Selain itu beliau juga menyampaikan bahwa arah kebijakan BNN dalam program rehabilitasi adalah melakukan pengembangan sebagai pusat pengkajian, pusat layanan dan pusat pelatihan (Center of Excellent), meningkatkan kemampuan lembaga rehabilitasi instansi pemerintah dan komponen masyarakat, serta mengembangkan program pascarehabilitasi untuk menurunkan angka kekambuhan secara terukur.

“Apabila semua program tersebut dapat berjalan dengan baik maka insya Allah angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia akan menurun” tambah Kepala BNNK Ciamis.

Selain Kepala BNNK Ciamis, tampil sebagai narasumber kedua adalah Aris Nuryana, S.Sos, Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Ciamis. Beliau menyampaikan paparan yang berjudul Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah dan

serta mengembangkan program pascarehabilitasi untuk menurunkan angka kekambuhan secara terukur.

“Apabila semua program tersebut dapat berjalan dengan baik maka insya Allah angka prevalensi penyalahguna narkoba di Indonesia akan menurun” tambah Kepala BNNK Ciamis.

Selain Kepala BNNK Ciamis, tampil sebagai narasumber kedua adalah Aris Nuryana, S.Sos, Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Ciamis. Beliau menyampaikan paparan yang berjudul Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah dan 8.00 dan berakhir pukul 16.00 tersebut diakhiri dengan sessi tanya jawab. Terjadi diskusi yang menarik dan menghibur dimana masing-masing instansi terkait menyampaikan program kegiatannya dan saling bertanya antar instansi/lembaga untuk kemajuan instansi/lembaganya masing-masing dan ditanggapi secara positif oleh Aris Nuryana dan beberapa hal menjadi masukan untuk BNNK Ciamis.

Release by : BNN Kabupaten Ciamis

 

AUTHOR: Ciamiskab