BUPATI CIAMIS HADIRI MUSRENBANG DAN PENYAMPAIAN LKPJ YAYASAN NURUL ANWAR DESA WANASIGRA KECAMATAN SINDAGKASIH

“Pertanggungjawaban secara tertulis dalam sebuah buku yang secara rinci mendeskripsikan seluruh kegiatan organisasi sampai dengan penatausahaan dan pengadministrasian keuangan yang dilaksanakan oleh yayasan Nurul Anwar Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih merupakan suatu bentuk pengaadministrasian dan pertanggungjawaban sebuah organisasi yang telah tertata dengan rapi”, demikian disampaikan Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin mengawali sambutannya dalam rangkaian kegiatan penyampaian Laporan Kegiatan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun 2016 dan Musrenbang Tahun 2017-2018 Yayasan Nurul Anwar yang digelar Senin 14 Februari 2017 bertempat di Yayasan Nurul Anwar Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Bupati melanjutkan, bahwa Yayasan Nurul Anwar adalah sebuah organisasi yang tumbuh dari masyarakat dan didukung dengan kekuatan organisasi yang baik. Masih dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyampaikan bahwa, “Sebuah lembaga/organisasi termasuk pemerintahan yg secara fungsi berhubungan dengan masyarakat perlu didasari oleh 3 Faktor, yaitu yang pertama adalah transparansi. Salah satu contoh yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis yaitu dengan melaksanakan MUSRENBANG yg salah satu tujuan utamanya yaitu untuk menentukan kegiatan/program prioritas. “Apabila transparansi tidak dapat dilaksanakan dalam sebuah organisasi, maka akan berpotensi menimbulkan prasangka-prasangka yang negatif terhadap pelaksanaan sebuah organisasi”, lanjutnya. Faktor kedua dalam sebuah organisasi harus ada suatu bentuk pertanggungjawaban, persis seperti yang sedang dilaksanakan pada pagi ini sebagai salah satu bentuk dari sifat “akuntable”sebuah organisasi.. Faktor ke tiga adalah “partisipasi”, maksudnya adalah dorongan seluruh masyarakat dan pengurus organisasi dalam melaksanakan roda organisasinya. Maka, apabila ketiga faktor tersebut telah tercapai, maka organisasi tersebut akan berjalan dengan baik.

Bupati melanjutkan, ”Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Penghargaan Dana Rakca untuk pengelolaan keuangan yg baik diraih oleh Pemkab. Ciamis. Merupakan salah satu contoh penatausahaan dan pengadministrasian kepemerintahan yang melaksanakan tiga faktor tadi”. Untuk itu dalam kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi masyarakat Desa Wanasigra Kec. Sindangkasih, terutama bagi yg telah melunasi PBBnya. Bupati menyarankan kepada warga masyarakat Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih bahwa Sistem menabung melalui cara “bumbung PBB” yang telah dilaksanakan di 4 Desa sebagai sample, menyatakan keberhasilannya dengan rata2 perolehan tabungan dalam bumbung berjumlah 2 kali lipat kewajiban PBB yg hatur dibayarkan. Hal tersebut patut ditiru oleh warga masyarakat Desa Wanasigra Kecamatan Sindangkasih dalam rangka pemenuhan kewajiban pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) setiap tahunnya.

Diakhir sambutannya Bupati memaparkan pentingnya perencanaan pembangunan seperti halnya pentingnya perencanaan kegiatan Yayasan Nurul Anwar yang akan digelar siang itu. Dengan perencanaan yang matang secara transparan melalui Musrenbang, akuntable dengan diumumkan di media masa dan didukung partisipasi seluruh SKPD, serta seluruh elemen masyarakat, Kabupaten Ciamis dalam kurun waktu 2 tahun masa jabatan Bupati H. Iing Syam Arifin telah berhasil melaksanakan peng-hotmix-an jalan sepanjang 122 km dari target 50 km dalam 5 tahun masa jabatan. Selanjutnya Bupati bercita-cita diakhir masa jabatannya akan dapat meng-hotmix jalan sepanjajng 400 km. Demikian halnya dengan pembangunan sarana dan prasarana kesehatan yang sampai dengan saat ini telah berhasil meningkatkan stastu 17 Puskesmas menjadi Puskesmas Rawat Inap. Demikian pula halnya dengan Puskesmas Kecamatan Sindangkasih juga diharapkan ditingkatkan menjadi Puskesmas Rawat inap.

Diakhir sambutannya, Bupati Ciamis berpesan,”bahwa pendidikan pendidikan keagamaan merupakan pendidikan dasar yang sangat fundamental dalam menyongsong tantangan perkembangan jaman yang semakin komplek dan tak lepas dengan permasalahan sosialnya. Pentingnya Yayasan Nurul Anwar yaitu dalam hal pendidikan rohani, mental, spiritual dan akademis yg akan membentengi generasi muda dengan pendidikan yang ersifat religius.

Sumber : Press Release Humas Setda

AUTHOR: Ciamiskab