SOSIALISASI PEMBERANTASAN PUNGLI

Sebagaimana diketahui bersama bahwa dalam rangka mendukung terwujudnya pemerintahan yang baik dan memperlancar akses investasi serta kemudahan pelayanan pablik efektif dan efisien perlu upaya-upaya guna mencegah, mengurangi bahkan menghapus praktek-praktek pungutan liar atau pungli di wilayah Kabupaten Ciamis. demikian awal sambutan Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin dalam acara ‘Sosialisasi Pemberantasan Pungutan Liar Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2017’Selasa 17 Januari 2017 Acara digelar di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis. Dihadiri oleh Wakil Bupati Oih Burhanudin, Asisten Pemerintahan Drs. Endang Sutrisna, M.Si, Asisten Ekbang Kesra Drs. H.M. Soekiman, Kasintel Kodim Kapten Arh.Basori, Kabagrenc Polres Ciamis Kompol Sutisna, Kasintel Kejari Ciamis Asril, SH, Para Kepala Dinas dan Camat se-Kabupaten Ciamis.

Panitia pelaksana Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah  Aep Suhendar, SH, MH dalam sambutannya; praktik pungutan liar telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif dan mampu menimbulkan efek jera. Maksud dan tujuan diadakannya acara ini adalah pembentukan Unit Satgas Saber Pungli adalah guna memberantas pungutan liar dalam penyelanggaraan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan tata pemerintah yang efektif dan efisien di Kabupaten Ciamis dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja dan sarana prasarana baik yang berada di kementerian/ lembaga maupun Pemerintah Daerah. Tujuan pembentukan Unit Satgas Saber Pungli adalah guna menekan aktivitas pungutan liar yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap iklim investasi di Kabupaten Ciamis untuk menjawab kebutuhan akan ketersediaan lapangan kerja dan mendorong laju pertumbuhan ekonomi semakin bergairah.    

Dalam Sambutannya Bupati Ciamis mengapresiasi dan menyampaikan ucapan  terimakasih atas diselenggarakannya sosialisasi pemberantasan pungutan liar tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2017 karena hal tersebut sebagai bentuk pembinaan guna membangkitkan kesadaran perilaku para pelaksana kebijakan dalam melaksanakan pelayanan publik untuk menghindari perilaku-perilaku yang bersentuhan dengan pungutan liar.

Melalui acara ini Bupati Ciamis berpesan  kepada institusi yang berhubungan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat perlu diberikan pemahaman mengenai batasan-batasan/rambu-rambu menyelenggarakan pelayanan agar tidak terjerumus dalam lingkar pungli serta kepada para ketua BPD atau LPM agar dapat menularkan pemahamn mengenai pemberantasn pungli yang perlu diawasi bersama untuk tidak segan-segan melaporkan apabila melihat atau bahkan mengalami dengan apa yang disebut pungutan liar atau apapun istilahnya yang merupakan pungutan tanpa dasar/aturan yang jelas, yang Insya Allah akan dilaksanakan pada lima wilayah eks kewadanaa dan Bupati Ciamis berharap para Camat dapat mendorong kehadiran para peserta sosialisasi di wilayah masing-masing.

Diakhir sambutannya Bupati Ciamis berharap para peserta sosialisasi dapat mencermati dan memahami materi yang disampaikan untuk dapat diimplementasikan dalam menjalankan tugas serta memberi teladan dan senantiasa mengingatkan bawahannya masing-masing untuk menghindari segala aktivitas yang terindikasi pungli, selanjutnya kepada narasumber kami ucapkan terimakasih atas kesediaannya memberikan pemahaman mengenai pemberantasan pungutan liar.

Sumber : Press Release Humas Setda

AUTHOR: Ciamiskab