HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL TINGKAT KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2017

Minggu 26 Februari 2017 berbarengan dengan “Car free day Kabupaten Ciamis”,  Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2017  tingkat Kabupaten Ciamis  diperingati untuk meningkatkat kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam mengelola sampah sehingga dapat terwujud bersih sampah 2020  yang merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Dalam Laporannya Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Drs. Oman Rohman menyampaikan bahwa peringatan Hari Peduli Sampah Nasional telah dilaksanakan dalam beberapa kegiatan diantaranya adalah sosialisasi dan pembekalan pada mahasiswa Universitas Galuh yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Sukahurip Kecamatan Pamarican Kabupaten Ciamis, dan Gerakan Jum’at Bersih di seluruh lingkup SKPD Kabupaten Ciamis.

Acara puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional ini dilaksanakan di Taman Raflesia (Alun –alun Kota Ciamis) dalam acara puncak ini diawali dengan senam sehat dan dilanjutkan dengan Pameran Karya daur ulang sampah, dilanjut dengan aksi bersih di wilayah Pasar Manis dan Terminal Ciamis dan sekitarnya, kegiatan aksi bersih ini dilaksanakan oleh Masyarakat sekitar, Komunitas, Ormas dan petugas Lingkungan yang disiapkan oleh pihak Penyelenggara untuk selanjutnya sampah tersebut dipilah lalu ditimbang. Ada doorprize sebagai bentuk apresiasi tiap sampah yang dikumpulkan dan ditimbang  oleh pihak penyelenggara. Diakhir laporannya Kadis Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan lingkungan hidup Kab. Ciamis mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pihak yang terlibat dan kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam acara ini.

Bupati Ciamis H. Iing syam Arifin yang hadir dalam kegiatan HPSN didampingi Sekda Kabupaten Ciamis Drs. H. Herdiat S, MM dan undangan lainnya, dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa, ”Salah satu tujuan dicanangkannya Hari Peduli Sampah Nasional adalah untuk menggugah masyarakat mengatasi permasalahan sampah di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing. 3 R yang terdiri dari Reduce-Reuse dan Recycle seperti yang dipamerkan pagi itu di lokasi acara, adalah merupakan salah satu penanganan sampah rumahan”. Jumlah sampah kian hari akan semakin banyak dan menumpuk. Untuk itu kita perlu menyikapi perilaku kita terhadap penanganan sampah.  Jum’at bersih wajib untuk digiatkan kembali sebagai salah satu target gerakan Hari Peduli Sampah Nasional. Kabupaten Ciamis menargetkan tahun 2020 permasalahan persampahan telah dapat ditangani dengan baik.

Dalam gelaran perdana “Ciamis Car Free Day”  Tahun 2017 yang selanjutnya akan digelar setiap 2 minggu satu kali ini Kantor Samsat Ciamis menerjunkan Mobil Samsat keliling sebagai bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor dan urusan Administrasi lainnya. Nampak tidak jauh dari mobil Samsat Keliling, yaitu mobil BNN yang menyampaikan informasi atau sosialisasi tentang Tugas Popok dan Fungsi Badan Narkotika Nasional khususnya di Kabupaten Ciamis.

Sumber : Press Release Humas Setda

AUTHOR: Ciamiskab