LAUNCHING PROGRAM SUBSIDI RASTRA KABUPATEN CIAMIS 2017

Rabu pagi 15 Maret 2017 di Pendopo Kabupaten Ciamis telah dilaksanakan “Peluncuran Penyaluran Program Subsidi RASTRA Tahun 2017 di Kabupaten Ciamis”. Dalam laporannya Asisten Ekbangkesra Setda Kabupaten Ciamis Drs. H. M. Soekiman sebagai Ketua Tim Koordinasi RSTRA Kabupaten Ciamis menyampaikan bahwa, “Pada tahun 2016 Kabupaten Ciamis memperoleh Pagu Raskin sebesar 94.387 RTS-PM dengan realisasi penyaluran sebesar 16.988.040 kg atau mencapai 100%. Sedangkan tahun 2017 Kabupaten Ciamis memperoleh pagu RASTRA sebesar 84.940 (turun 9.438 KPM). “Kita patut bersyukur, karena Pemerintah Kabupaten Ciamis kembali memberikan Subsidi sebesar Rp. 1.000,- per/kg dan atas dukungan yang maksimal terhadap Program RASTRA, Pemerintah Kabupaten Ciamis memperoleh “Raskin Award” untuk kategori Dukungan APBD terhadap Program Beras Sejahtera”, lanjut H. Soekiman.

Masih dalam laporannya Asisten Ekbangkesra Setda Kabupaten Ciamis melaporkan bahwa penyaluran Subsidi RASTRA pada tahun 2017 mengalami keterlambatan karena pemerintah pusat mulai memberlakukan “Ujicoba Transformasi” Subsidi RASTRA secara bertahap menjadi “Bantuan Pangan Non-Tunai” yang diberlakukan dibeberapa kota. Tahapan penyaluran RASTRA tahun 2017 dibuat dalam 5 tahap, yaitu: Pertama, penetapan alokasi subsidi beras sejahtera 2017 melalui surat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI nomor 12 Tahun 2017. Kedua, penetapan Pagu Subsidi Beras Sejahtera yang ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati Ciamis nomor 500/Kpts.175-HUK/2017 tentang Alokasi Pagu Rastra Ketiga, penyampaian daftar keluarga penerima manfaat yang disampaikan oleh Kementerian Sosial kepada Dinas Sosial Kabupaten Ciamis yang dimuat dalam Aplikasi Sistem Informasi Konfirmasi Data Sosial Terpadu (SISKADASATU) dan Keempat, Surat Perintah Alokasi dari Pemerintah Kabupaten Ciamis kepada Perum Bulog. “Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Ciamis saat ini telah siap untuk menyalurkan Subsidi Beras Sejahtera (Beras RASTRA) Tahun 2017 kepada Keluarga Penerima Manfaat”, lanjut H. M. Soekiman dalam laporannya.

Dalam acara Peluncuran dan Penyaluran Program Subsidi RASTRA pagi itu Wakil Bupati Ciamis H. Oih Burhanudin secara simbolik menyerahan Beras Rastra kepada beberapa orang penerima manfaat RASTRA dan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Drs. H. Herdiat, S. MM dan beberapa undangan yang. Dalam sambutannya Wakil Bupati Ciamis H.Oih Burhanudin menyampaikan ucapan terimakasih dengan diadakannnya kegiatan ini mudah-mudahan memberikan kontribusi positif terhadap kelancaran pelaksanaan program RASTRA tahun 2017 sebagai bagian dari upaya untuk penanggulangan kemiskinan khususnya di Kabupaten Ciamis. Program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan dan perlindungan sosial tahun 2017 di Kabupaten Ciamis akan dilaksanakan melalui subsidi RASTRA dengan jumlah penerima sebanyak 84.940 keluarga penerima manpaat (KPM).

Wakil Bupati Ciamis mengharapkan “6 ketepatan” dalam penyaluran Subsidi RASTRA ini yaitu: TEPAT SASARAN, yaitu Beras RASTRA hanya diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Subsidi RASTRA Tahun 2017, sesuai daftar yang telah disampaikan langsung oleh Kementerian Sosial RI kepada Dinas Sosial Kabupaten yang dimuat dalam Aplikasi Sistem Informasi Konfirmasi Data Sosial Terpadu atau (SISKADASATU); TEPAT JUMLAH, yaitu RASTRA yang diterima Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu sebanyak 15kg/KPM/Bulan selama 12 bulan; TEPAT HARGA, maksudnya yaitu Harga Tebus RASTRA adalah sebesar Rp. 1.600,-/Kg Netto dititik distribusi, dengan subsidi RASTRA dari APBD Kabupaten Ciamis sebesar Rp.1000,-/ Kg dan adanya subsidi APBD untuk biaya operasional penyaluran dari titik distribusi ( Desa/ Kelurahan) ke titik bagi (RW/RT) sebesar Rp.200,- / Kg sehingga harga RASTRA sampai ditangan Keluarga Penerima Manpaat (KPM) sebesar Rp.600,-/ Kg; TEPAT WAKTU, yaitu waktu pelaksanaan penyaluran RASTRA kepada KPM setiap bulan; TEPAT KUALITAS, yaitu terpenuhinya persyaratan kualitas RASTRA sesuai dengan standar kualitas Beras Bulog dan apabila terjadi ketidaksesuaian kualitas agar segera dilakukan penukaran kembali kepada pihak Bulog dan pihak Bulog harus siap untuk segera menggantinya; dan TEPAT ADMINISTRASI, yaitu terpenuhinya persyaratan administrasi secara benar, lengkap dan tepat waktu,”Tutup Wabup.

Dalam kegiatan pagi itu pula diacarakan uji nanak nasi beras RASTRA untuk dicoba oleh undangan yang hadir, dilanjutkan dengan pelepasan kendaraan pengangkut Beras RASTRA menuju seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Ciamis oleh Wakil Bupati Ciamis ditandai dengan pengibasan bendera dan pemecahan kendi.

Sumber : Press Release Humas Setda

AUTHOR: Ciamiskab