BUPATI CIAMIS HADIRI HUT PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA KE-43

Jumat 17 Maret 2017 dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang ke-43 tingkat kabupaten yang digelar di auditorium KH. Ahmad Dahlan Kampus Stikes Muhammadiyah Ciamis dihadiri oleh Bupati Ciamis H.Iing Syam Arifin didampingi Ibu H. Ai Ela Syam Arifin, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD, Ketua Dewan Pengurus Daerah PPNI, Dewan Pertimbangan Dewan Pengurus Daerah PPNI, Ketua Dewan Pengurus Komisariat PPNI se-Kabupaten Ciamis, Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis, Wakil Ketua dan Jajaran pejabat STIKes Muhammadiyah Ciamis dan Tamu undangan .

Diawal acara Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin yang menjadi Inspektur Upacara dalam sambutannya berharap dengan peringatan HUT setiap tahunnya memiliki tema tersendiri. Kali ini, tema HUT PPNI tahun 2017 adalah “Gerakan Masyarakat Mendukung Masyarakat Sehat” sejak awal pendirian Perawat Indonesia senantiasa mendampingi masyarakat mengahdapai tantangan kesehatan dari masa ke masa. Gerakan masyarakat sehat merupakan momentum untuk meningkatkan keterlibatan perawat dalam upaya meningkatkan  kesehatan oleh Pemerintah untuk masyarakat. Peranan perawat sebagai tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan baik di fasilitas pelayanan kesehatan maupun di masyarakat secara langsung.

Perawat merupakan profesi kesehatan yang terlibat dalam setiap tahap rentang  upaya kesehatan, mulai dari tindakan promotif, preventif, kuratif sampai dengan rehabilitatif. Sejalan dengan program yang direncanakan PPNI, Pemerintah Kabupaten Ciamis selaku penanggung jawab  pembangunan kesehatan di Kabupaten Ciamis, telah berupaya memenuhi kebutuhan pembangunan kesehatan melalui peningkatan akses pelayanan kesehatan dengan penambahan fasilitas sarana alat-alat kesehatan, peremajaan dan penambahan kendaraan ambulan, pembangunan Puskesmas, Pustu dan Poskesdes. Peningkatan status Puskesmas menjadi Puskesmas perawatan, pembukaan Puskesmas Poned dan untuk pusat rujukan selain meningkatkan sarana dan prasarana di RSUD Ciamis juga sedang dibangun dua Rumah Sakit baru yaitu RSUD Kawali dan Banjarsari.

Diakhir sambutannya Bupati Ciamis berharap, ”Program Pemerintah Kabupaten Ciamis dalam ”Pembangunan Bidang Kesehatan yang  Berkelanjutan dan Berkesinambungan” menuntut dukungan seluruh elemen masyarakat Ciamis, sehingga seluruh elemen masyarakat  memiliki peran dan tanggung jawab masing-masing dan bergerak secara sinergis untuk pembangunan Ciamis yang lebih baik”, ucapnya.

Sumber : Press Release Humas Setda

AUTHOR: Ciamiskab