BUPATI CIAMIS BUKA PENTAS PAI TINGKAT KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2017

Kamis pagi 23 Maret 2017 alun-alun Kabupaten Ciamis dipadati siswa/siswi SD dan SMP se-Kabupaten Ciamis dengan mengenakan pakaian muslim, yang kendati dalam kondisi rintik hujan, tidak menyurutkan semangat dan kemeriahan para peserta Pekan Kreativitas dan Seni Pendidikan Agama Islam SD dan SMP Tingkat Kabupaten Ciamis yang diawali dengan pawai Ta’aruf di jalan Jenderal Sudirman sekitar alun-alun Ciamis depan Pendopo Kabupaten Ciamis. Mengawali acara, dalam laporannya Drs. Wachyu Hidayat, M.Si (Sekretaris Dinas Pendidikan) melaporkan bahwa, "Tema kegiatan ini adalah Melalui Pekan Kreativitas dan Seni PAI SD dan SMP Kita Bangun Anak yang Cerdas, Berprestasi dan Berakhlak Mulia" Menurut laporan panitia penyelenggara, kegiatan PENTAS PAI ini diaelenggarakan satu hari yaitu Kamis (23/3) sedangkan tempat penyelenggarakan dilaksanakan dibeberapa tempat di seputar kota Ciamis yaitu Masjid Agung Kabupaten Ciamis, halaman Masjid Agung, aula Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis dan Wisma Haji. Masih dalam laporannya Wachyu menyampaikan bahwa PENTAS PAI ini terdiri dari 7 mata lomba, yaitu: Lomba Cerdas Cermat, Lomba Pildacil, Lomba Musabaqoh Hifdil Qur'an, Lomba Kaligrafi, Lomba MTQ, Lomba Keserasian Gerakan dan Bacaan Sholat dan Lomba Qasidah/Rebana serta khusus untuk tingkat SMP dilaksanakan pula Lomba Olimpiade. Disampaikan Wachyu, bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai media untuk memperkokoh jalinan silaturahmi fungsional dalam upaya menopang Ukhuwah Islamiyah dikalangan pengurus KKG PAI Kecamatan dan MGP SMP serta Guru PAI SD dan SMP, siswa berprestasi dan seluruh kalangan dengan tujuan yang sama, yaitu memajukan Pendidikan Islam. Yang kedua adalah sebagai upaya menyukseskan program Pemerintah Kabupaten Ciamis, yaitu mewujudjan masyarakat yang berakhlak mulia. Ketiga, sebagai wahana untuk menumbuhkan persatuan dan semangat perjuangan dalam upaya mewujudkan generasi yang Islami, cerdas, beriman dan bertaqwa dan yang keempat yaitu bertujuan untuk menyiapkan kontingen PENTAS PAI SD dan SMP Kabupaten Ciamis untuk berlomba di tingkat Provinsi Jawa Barat yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2017 di Kabupaten Kuningan. Peserta PENTAS PAI Kabupaten Ciamis tahun 2017 ini berjumlah 871 siswa yang terdiri dari 783 siswa SD dan 88 Siswa SMP, demikian Wachyu Hidayat mengakhiri laporannya.

Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin yang menghadiri acara tersebut diawal sambutannya sangat mengapresiasi semangat semua kontingen, yang walaupun dalam kondisi hujan masih tidak menyurutkan kemeriahan dan kesemarakan kegiatan ini. Bupati melanjutkan, “Bahwa kegiatan ini merupakan wahana kegiatan yang mendukung terciptanya pembangunan anak cerdas berprestasi dan berakhlak mulia yang merupakan tujuan pembangunan yang diharapkan. Pembangunan yang kita laksanakan kedepan hasilnya akan mengisi oleh masyarakat yang mempunyai akhlak mulia yaitu masyarakat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT”. Bupati berharap seluruh siswa yang senantiasa membutuhakan pendidikan, akan memperoleh pendidikan kemampuan umum kecerdasan dan yang tidak kalah pentingnya yaitu pendidikan yang memperkuat aqidah anak-anak sebagai bekalnya di masa yang akan datang”.

Diakhir sambutannya, Bupati berpesan kepada seluruh undangan, Panitia, peserta, pendamping dan warga masyarakat yang hadir, bahwa “Semoga dengan kegiatan ini akan menghasilkan manfaat yang besar bagi masyarakat khususnya dan bagi para peserta yang mengikuti lomba PENTAS PAI ini”. Pelepasan balon oleh Bupati Ciamis didampingi Unsur DPRD Kabupaten Ciamis dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis dilaksanakan sebagai tanda dimulainya kegiatan PENTAS PAI SD dan SMP se-Kabupaten Ciamis Tahun 2017.

Sumber : Press Release Humas Setda

AUTHOR: Ciamiskab