DINAS P2KBPPA DAN DINAS KOMINFO MEMBERIKAN SOSIALISASI SEHAT DAN AMAN BERINTERNET KEPADA FORUM ANAK DAERAH (FAD) KABUPATEN CIAMIS

Rabu, 26 April 2017 Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Ciamis melaksanakan pertemuan dengan Forum Anak Daerah (FAD) Tingkat Kabupaten dan Perwakilan FAD Tingkat Kecamatan di Aula DP2KBPPA. Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Drs. H. DONDON RUDIANA, M.Si., pertemuan ini dimaksudkan untuk Koordinasi serta Sosialisasi Penggunaan Internet Secara Sehat dan Aman yang diharapkan nantinya informasi tersebut dapat disebar luaskan oleh Anggota FAD yang tergabung dalam wadah Francis ( Forum Anak Ciamis) kepada lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar tempat tinggal.

Usia Anak merupakan usia yang rentan terhadap baik efek negatif maupun positif dari era globalisasi saat ini, Internet pada saat ini merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan bagi media informasi yang setiap saat dapat diakses dimanapun. Internet juga dapat memberikan manfaat besar bagi perkembangan Anak namun juga tidak sedikit yang  memberikan pengaruh buruk bagi Anak tersebut.

Oleh karena itu Dinas P2KBPPA bekerja sama dengan Dinas KOMINFO untuk memberikan sosialisasi mengenai Sehat dan Aman Berinternet, sebagaimana disampaikan Arie Syahriar M selaku Kasi Informasi Publik Dinas KOMINFO Kabupaten Ciamis, sebagian besar Anak pada saat ini telah mengenal internet melalui Smartphone/gadget yang selalu dibawa kemanapun pergi hal ini menyebabkan begitu mudahnya informasi /data apapun diakses langsung oleh Anak. Pengawasan Orang Tua sangat diperlukan sekali untuk mengawasi penggunaan internet oleh Anak, namun bukan berarti Orang Tua sama sekali melarang penggunaan internet kepada Anak.

Terutama pada penggunaan sosial media terkadang Anak tidak dapat mengontrol konten yang diposting sehingga dapat menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, disampikan juga mengenai Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, bahwa terdapat pasal-pasal yang melarang dan ancaman hukuman dalam berinternet, misal diatur bahwa setiap orang dilarang untuk mendistribusikan dan mentransmisikan konten kesusialaan, ancaman/pemerasan, pencemaran nama baik, menyebarkan berita bohong, penghinaan yang bersifat SARA, maka akan dikenakan hukuman penjara dan denda sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Pada kesempatan ini dideklarasikan bersama Francis (Forum Anak Ciamis) bertekad untuk Bijak, Sehat dan Aman Berinternet serta bersedia menyebarkan informasi ini kepada lainnya untuk menggalang dan menciptakan GENERASI POSITIF.

Sumber : Press Release Dinas Komunikasi & Informatika Kab Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab