SOPIR ANGKUTAN DITES URINE BNNK CIAMIS UNTUK MEMBERIKAN RASA AMAN PEMUDIK

CIAMIS, BNN Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Satres Narkoba Polres Ciamis, Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Melaksanakan Kegiatan Tes Urine bagi awak kendaraan angkutan penumpang umum mudik Lebaran 2018. Kegiatan ini terselenggara dalam rangka Antisipasi Keselamatan Berkendara menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Bertempat di UPTD  Terminal Kabupaten Ciamis pada hari Kamis 07 Juni 2018, sebanyak 52 orang yang terdiri dari  sopir dan sopir cadangan diambil urinenya untuk diperiksa oleh petugas guna memastikan apakah mengkonsumsi narkoba atau tidak.

Kepala BNNK Ciamis AKBP. Yaya Satyanagara, SH., didampingi oleh Kasat Narkoba Polres Ciamis AKP. Darli, S. Sos., Kanit Turjawali Satlantas Polres Ciamis Iptu Indri Yosita, Sekertaris Dinas Perhubungan Ciamis H. Edy Yulianto, A.TD., MM menyampaikan kepada awak media bahwa menghadapai Hari Raya Idul Fitri 1439 H Kita melakukan kegiatan untuk mengantisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan khususnya untuk transportasi darat, tujuan diadakan kegiatan tes urine serta pemeriksaan kesehatan ini yang paling utama yaitu memberikan rasa aman kepada penumpang. BNNK Ciamis bekerja sama dan bersinergi dengan Satnarkoba Polres Ciamis, Satlantas Polres Ciamis, Dokkes Polres Ciamis dan Dishub Kabupaten Ciamis untuk memeriksa urine dari pengemudi kendaraan angkutan penumpang mudik lebaran, jelas Yaya

Sementara dilakukan pemeriksaan urine pengemudi, penyuluh BNN masuk ke dalam Bis penumpang untuk memberikan penjelasan kepada penumpang terkait pelaksanaan tes urine ini, serta memberikan informasi tentang bahaya narkoba sehingga diharapkan dalam kegiatan ini para penumpang mendapatkan informasi yang bermanfaat khususnya tentang bahaya narkoba apabila disalahgunakan, lanjut Yaya

Dari hasil kegiatan ini apabila ada yang positif, maka kita akan lanjutkan dengan menggelar kegiatan berikutnya, tetapi apabila di kegiatan ini hasilnya negatif, maka kegiatan dicukupkan hari ini, karena ditempat lain baik di Kabupaten maupun Kota yang ada BNN nya akan bersinergi melaksanakan kegiatan seperti ini baik di tingkat Kabupaten/Kota maupun di tingkat Provinsi, ujar Yaya

Kami berharap mudah-mudahan hasil tes urine ini menunjukan tidak ada sopir yang menggunakan narkoba. Sehingga masyarakat yang menggunakan jasa angkutan umum yang akan mudik ke kampung halamannya dapat sampai ke tempat tujuannya dengan selamat dan dapat merayakan Idul Fitri 1439 H bersama keluarganya, pungkas Yaya.

Kasat Narkoba Polres Ciamis AKP Darli, S.Sos., menambahkan bilamana ada yang terindikasi menggunakan narkoba, kami akan menindaklanjuti serta melakukan pengembangan sejauhmana Ia memakai narkoba, serta mengembangkan darimana Ia mendapatkan barang tersebut.

Sementara menurut Sekertaris Dinas Perhubungan Ciamis H. Edy Yulianto, A.TD., MM, menghimbau apabila penumpang sudah mendapatkan pengemudi sudah mulai kelelahan, mulai mengantuk atau mengemudikan kendaraan secara tidak wajar, Kita harapkan penumpang harus mengingatkan pengemudi, karena kejadian kecelakaan diawali dengan adanya keteledoran atau adanya pelanggaran.

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab