ZIARAH KE MAKAM LELUHUR KABUPATEN CIAMIS

Kamis 6 Juni 2017 sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-375 Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis beserta unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis, Sekretaris Daerah dan rombongan secara bersama-sama berangkat meniggalkan Pendopo Kabupaten Ciamis untuk melaksanakan ziarah ke makam-makam leluhur Ciamis dengan menggunakan Bus serta kendaraan dinas SKPD dengan mendapatkan pengawalan pertugas PATWAL Polres Ciamis.

Makam leluhur pertama yang dikunjungi adalah Makam Raden Adipati Arya Panji Jaya Negara sebagai Bupati Galuh pada periode tahun (1636-1678) yang terletak di Ciwahangan yang berjarak sekitar 6 km dari Alun-alun Kota Ciamis. Diawali dengan pembacaan sejarah singkatnya dilanjutkan dengan do’a serta tabur bunga oleh Bupati Ciamis dilanjutkan oleh Unsur  Forkopimda Kabupaten Ciamis selanjutnya rombongan bergerak ke lokasi kedua yang tidak terlalu jauh lokasinya dari lokasi pertama yaitu makam Raden Tumenggung Wiradi Kusumah yang terletak di Cigadung Desa Imbanagara. Dengan susunan acara yang sama dengan di lokasi pertama, yaitu pembacaan sejarah singkat bupati yang memerintah di Kabupaten Ciamis tahun 1814 – 1849 ini dilanjutkan dengan pembacaan do’a dan tabur bunga.

Sekitar pukul 09.00 WIB rombongan sampai di lokasi ke tiga, yaitu Makam Raden Adipati Arya Kusumadiningrat yang memerintah di Kabupaten Galuh dari tahun 1836 sampai dengan tahun 1886. Makam ini terletak relatif di sekitar kota Ciamis, sekitar tidak lebih dari satu kilometer arah barat daya alun-alun kota Ciamis, atau sekitar 5 menit perjalanan dari Alun-Alun Ciamis. Selesai prosesi acara di makam Rade Adipati Arya Kusumadiningrat, rombongan bergerak menuju lokasi berikutnya, yaitu Makam Raden Adipati Arya Kusumahsubrata yang terletah di daerah Gunung Galuh Ciamis atau dikenal dengan nama makam Gunung Sukasirna Ciamis. dengan melaksanakan urut-urutan parosesi acara yang sama dengan lokasi sebelumnya. Rombongan berberak menuju lokasi terakhir kegiatan Ziarah ke Makam Leluhur Kabupupaten Ciamis, yaitu makam Astana Gede Kawali. Kali ini objek atau lokasi makam agak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Ciamis yaitu sekitar 21 kilometer ke arah utara atau 35 menit perjalanan normal kendaraan roda empat maupun roda dua.

Seluruh rangkaian kegiatan selesai dan berkhir di Astana Gede Kawali sekirat pukul 11.30 WIB. Rangkaian kegiatan ziarah tahun ini ditutup tausiyah yang dilaksanakan di sekitar Makam Astana Gede Kawali.

Sumber : Press Release Humas Setda

AUTHOR: Ciamiskab