LPSE KABUPATEN CIAMIS MERAIH PENGHARGAAN SEBAGAI TIM ADMIN TERBAIK SE-JAWA BARAT TAHUN 2017

Ciamis, 28 September 2017, Pada Tanggal 26-27 September 2017, Balai LPSE Provinsi Jawa Barat mengadakan Rapat Koordinasi Pengelola LPSE Kabupaten/Kota Se-Jawa Barat bertempat di Kota Bukit Indah Kabupaten Purwakarta.

Narasumber yang hadir diantaranya Kepala LKPP RI Bapak Dr. Ir. Agus Prabowo, M.Eng, Direktur Pengembangan Sistem Pengadaan Secara Elektronik LKPP RI Bapak Gatot Pambudi, Kabid KIP Diskominfo Prov. Jabar Ibu Dr. Ika Mardiah.

Kepala LKPP RI, Dr. Ir. Agus Prabowo, M.Eng mengungkapkan bahwa Perpres RI No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan barang/Jasa Pemerintah beserta perubahannya akan segera diganti dengan Perpres RI yang baru, pada saat ini Perpres baru tersebut sedang di parafkan ke para Menteri terkait dan apabila telah di tanda tangani oleh Bapak Presiden RI, maka Perpres baru tersebut akan mulai berlaku pada Tahun 2018. Perubahan pada Perpres baru tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah diantaranya adalah :

  • Strukturnya lebih ringkas, dengan bab dan pasal yang lebih ringkas dan sedikit dibanding Perpres yang lama.
  • Perubahan konsep/paradigm yang tadinya lelang minded menjadi market minded, artinya yang selama ini pengadaan yang menjadi primadona adalah dengan cara lelang secara elektronik, mulai sekarang akan berubah dengan memperbanyak pasar elektronik sehingga pengadaan barang/jasa tidak hanya dengan dilelang tapi juga dengan aplikasi lain seperti e-purchasing, lelang cepat dan lain-lain.
  • Kelembagaan, terbentuknya Unit Kerja Pengadaan barang/Jasa (UKPBJ) dimana di dalamnya terdapat Unit Layanan Pengadaan dan Layanan Pengadaan Secara Elektronik dalam 1 (satu) wadah atau dapat dipisah.

Dalam Rakor ini pula diumumkan LPSE Terbaik dalam 3 kategori yaitu Pengelola LPSE Terbaik, Tim Admin Terbaik dan Tim SMKI Terbaik. Kabupaten Ciamis untuk pertama kalinya di Tahun 2017 ini mendapatkan penghargaan sebagai Tim Admin Terbaik ketiga setelah Kabupaten Subang dan Kabupaten bandung Barat. Penghargaan diberikan oleh Kepala LKPP RI Bapak Dr. Ir. Agus Prabowo, M.Eng didampingi Kadiskominfo Prov Jabar dan Kabalai LPSE Prov Jabar.

AUTHOR: Ciamiskab