BUPATI CIAMIS LANTIK Drs. H. ASEP SUDARMAN, M.Pd SEBAGAI SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN CIAMIS

Rabu (11/10) bertempat di Aula R.A.A Kusumadiningrat Setda Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin melantik dan mengambil sumpah Drs. H. Asep Sudarman, M.Pd sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis setelah Drs. H. Herdiat. S, MM yang telah berakhir masa jabatannya sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis setelah lima tahun. Pelantikan dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Ciamis, Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ciamis, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, Gabungan Organisasi Wanita dan para pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Dalam kesempatan tersebut, dalam sambutannya Bupati Ciamis menyampaikan bahwa,ā€¯Berdasarkan Undang-Undang No. 5 Tahun 2016 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 117 ayat (1) menyebutkan bahwa Jabatan Pimpinan Tinggi hanya dapat diduduki paling lama 5 (lima) tahun. Untuk itu apabila pejabat yang bersangkutan telah melewati tanggal 5 tahun maka menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku jabatan tersebut dapat dilakukan perpanjangan atau pergantian melalui seleksi terbuka yang diawali dengan evaluasi dari aspek perencanaan, kinerja, kesesuaian kompetensi dan kebutuhan organisasi. Bupati melanjutkan, menindaklanjuti amanat perundang-undangan tersebut, sehubungan jabatan Sekretaris Daerah Drs. H. Herdiat S, MM telah mencapai waktu 5 tahun masa jabatannya maka Bupati sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian Kabupaten Ciamis membentuk Panitia Evaluasi dan Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah dari unsur eksternal Pemerintah Daerah yang independen, yaitu terdiri dari Akademisi, para pakar dan para pejabat dari Provinsi Jawa Barat.

Masih dalam sambutannya Bupati Ciamis menegaskan bahwa Jabatan Sekretaris Daerah merupakan jabatan karier tertinggi yang dapat dicapai oleh para Pegawai Negeri Sipil di lingkungan kabupaten, Jabatan Sekretaris Daerah merupakan jabatan yang sangat strategis karena merupakan sentral administrasi pemerintahan di daerah hal ini diartikan bahwa Sekretaris Daerah berkewajiban untuk mengendalikan, mengelola dan memberdayakan perangkat organisasi melalui pelaksanaan tugas pada masing-masing SKPD sesuai dengan tugas dan fungsinya. Sekretaris Daerah juga harus dapat berperan sebagai dinamisator, katalisator melalui pemberian motivasi kepada seluruh sumber daya aparatur di Kabupaten Ciamis.

Diakhir sambutannya Bupati Ciamis menyampaikan ucapan terima dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Drs. H. Herdiat. S, MM atas dedikasi dan loyalitasnya selama menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis selama 5 tahun. Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada Drs. H. Asep Sudarman, M.Pd atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis.

Press Release By Humas Setda

 

AUTHOR: Ciamiskab