PERAN SERTA MASYARAKAT DESA JAYAGIRI DALAM UPAYA P4GN

JAYAGIRI. Permasalahan Narkoba di Indonesia saat ini sudah sangat memprihatinkan bagi seluruh komponen masyarakat, dimana kasus penyelundupan narkoba terus terjadi bahkan baru-baru ini telah terungkap penyelundupan narkoba jenis sabu dengan jumlah yang begitu besar, namun dengan kesigapan para penegak hukum yang bersinergi dengan berbagai pihak dan instansi terkait, penyelundupan barang haram tersebut bisa dicegah sehingga tidak sampai beredar di masyarakat luas.

Berangkat dari rasa kekhawatiran dan rasa peduli terhadap generasi penerus bangsa salah satu tokoh masyarakat Desa Jayagiri H.Agus Mulyana menggelar sosialisasi tentang bahaya narkoba yang bertempat di dusun Cimuncang Desa Jayagiri Kecamatan Panumbangan selama dua hari tanggal 10 – 11 Maret 2018.

Susunan acara kegiatan dimulai pada sabtu malam dengan pokok acara sosialisasi tentang bahaya narkoba dan dilanjutkan pada keesokan harinya dengan senam pagi bersama, melakukan tes urine diambil secara acak kepada 12 orang perwakilan dari tokoh masyarakat, perangkat desa dan anggota karang taruna, dilanjutkan dengan pengukuhan Penggiat Anti Narkoba oleh Kepala BNNK Ciamis.  

Sebanyak 100 peserta hadir pada acara tersebut perwakilan dari pemuda karang taruna, Tokoh Masyarakat dari 5 Dusun yang ada di lingkup Desa Jayagiri Kecamatan Panumbangan.

Menurut Agus digelarnya acara sosialisasi tentang bahaya narkoba dengan menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis untuk memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba kepada para pemuda khususnya, supaya mereka paham dan memiliki kemampuan untuk menolak narkoba.

Lebih jauh lagi Agus yang menjadi inisiator kegiatan ini dan bekerjasama dengan pemerintahan setempat menjelaskan adanya satu rencana untuk memberdayakan pemuda di desanya untuk dapat berkarya ke arah yang positif tanpa menggunakan narkoba, yaitu rencana untuk membentuk kelompok-kelompok pemuda desa membuka usaha budidaya ikan bawal tawar, sehingga nantinya pemuda desa Jayagiri memiliki satu kegiatan yang tentunya diharapkan mendapat penghasilan yang cukup guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Jayagiri, pungkasnya.

Narasumber dari BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, S.H., mengapresiasi tinggi atas inisiatif dari tokoh masyarakat desa Jayagiri yang sudah memperlihatkan kepeduliannya terhadap permasalahan narkoba.

Ini wujud nyata sebagai salah satu cara dalam upaya P4GN terutama dalam membentengi pemuda sebagai generasi penerus bangsa supaya tidak terjerumus kedalam penyalahgunaan narkoba.

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab