BNNK CIAMIS IKUT BERPERAN DALAM PEMBINAAN PROGRAM P2WKSS

CINTANAGARA, Program P2WKSS (Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera) merupakan salah satu program untuk meningkatkan peran wanita dalam membangun wilayahnya, dimana perempuan mampu mendayagunakan sumber daya manusia, sumber daya alam dan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang sehat, sejahtera dan bahagia dalam rangka membangunan masyarakat desa.

Pada kesempatan kegiatan pembinaan program P2WKSS kali ini Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melalui seksi P2M turut hadir sebagai pembina program P2WKSS yang bertempat di Dusun Batudatar Desa Cintanagara Kecamatan Jatinagara, pada hari Rabu 21 Maret 2018.

Sebanyak 100 KK Binaan hadir mengikuti penyuluhan tentang bahaya narkoba, peserta merupakan ibu-ibu kader PKK dan masyarakat dusun Batudatar.

Kepala Dusun Batudatar Abdul Dayat menyampaikan apresiasi kepada BNN yang sudah mau hadir dan memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba di dusunnya, dengan melalui program P2WKSS ini tidak hanya membangun fisiknya saja tetapi dibangun pula mental masyarakat dusun ini supaya tidak terjerumus kedalam masalah narkoba, juga kehadiran BNN sangat berharga untuk memberikan edukasi dalam upaya pemberdayaan perempuan yang sehat dan sejahtera terbebas dari masalah narkoba.

Ia pun menghimbau kepada warganya jangan pernah untuk mencoba narkoba karena akan mengakibatkan kecanduan dan merusak bagi kesehatan tubuh pemakai.

Sejauh ini di wilayah dusun Batudatar yang mayoritas penduduknya sebagai petani belum ada yang menyalahgunakan jenis narkotik apapun, namun dengan adanya penyuluhan ini semoga dapat menambah informasi yang benar dan akurat tentang bahaya narkoba.

Hal senanda disampaikan oleh Kepala Desa Cintanagara Said Suryadi, memang diwilayahnya belum ada yang terjangkit narkoba, tapi mudah-mudahan kedepannya tidak ada juga yang terkena permasalahan narkoba.

Selanjutnya Deny Setiawan, S.Sos., M.M., selaku narasumber pada pembinaan program P2WKSS ini memaparkan judul materi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Deny menjelaskan bahwa penyebaran narkoba tidak hanya di kota-kota besar saja namun sudah merambah ke desa-desa dan sasarannya pun tidak hanya orang dewasa saja tapi sudah menyasar anak-anak kecil.

Deny juga menegaskan, penyalahgunaan narkoba bisa terjadi pada siapapun karena tidak memandang usia, tidak mengenal batasan sosial, pekerjaan maupun tempat tinggal. Itu semua sebagai akibat pengaruh lingkungan yang kurang baik, terlepas itu lingkungan keluarga ataupun lingkungan sosial lainnya. Untuk itu diharapkan peranserta semua pihak dalam upaya P4GN guna terciptanya lingkungan masyarakat bersih narkoba, maka dengan kesempatan Program P2WKSS ini mari semua komponen masyarakat desa Cintanagara bersama-sama bersatu melawan narkoba, sehingga dengan program ini bisa membangun masyarakat yang harmonis, sejahtera, sehat, dan terhindar dari masalah narkoba, pungkas Deny.

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab