BNNK CIAMIS GAGALKAN PEREDARAN GELAP NARKOBA JENIS SHABU DAN GANJA

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis berhasil menggagalkan serta menangkap pelaku pengedar Narkoba jenis Shabu dan Ganja  di wilayah Kabupaten Ciamis.

Tersangka  IC (48) warga Cempaka Kota Tasikmalaya berhasil diamankan dengan barang bukti  ganja kering seberat 2.47 gram,   shabu seberat 0.11 gram dan 1 (satu) buah handphone pada Kamis (15/3/2018) sekitar pukul 12.00 WIB di sekitar Lampu Merah Jalan Raya Sindangkasih desa/Kec. Sindangkasih Kabupaten Ciamis.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara SH, menjelaskan, kronologi penangkapan IC ini dilakukan pada Pada hari Kamis tanggal 15 Maret  2018, sekira jam 12.00 WIB.

Ketika petugas sedang memonitor terkait informasi adanya peredaran narkotika dari seseorang via telephone yang tidak mau disebutkan identitasnya  bahwa di sekitar Lampu Merah Jalan Raya Sindangkasih Kec. Sindangkasih Kabupaten Ciamis diduga ada seorang laki-laki memiliki, menyimpan dan menguasai narkotika jenis Daun Ganja Kering, selanjutnya petugas berangkat menuju ke daerah yang di informasikan tersebut.

Sesampai di TKP diketahui benar seorang laki-laki yang sedang berdiri di sekitar pertigaan lampu merah Kec. Sindangkasih Kab. Ciamis dan ciri-cirinya mirip dengan informasi yang ada.

Kemudian petugas menghampiri laki-laki tersebut dan menyapanya akan tetapi laki-laki tersebut terlihat mencurigakan selanjutnya petugas melakukan penangkapan dan penggeledahan dan ditemukan barang bukti berupa Narkotika Golongan I yang diduga jenis Daun Ganja Kering  sebanyak 1 (satu)  paket  kecil  yang  dibungkus kertas, dan Narkotika Golongan I yang diduga Shabu  sebanyak 1 (satu) paket kecil yang dibungkus plastik bening, yang disimpan dalam saku di bagian depan sebelah kanan celana jean warna biru dari laki-laki tersebut yang mengaku bernama IC. Selanjutnya petugas langsung membawa laki-laki tersebut dan mengamankan barang bukti ke Kantor BNNK Ciamis untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan yang selanjutnya di tingkatkan ke proses penyidikan maka atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal  114 ayat (1) jo pasal  111 ayat (1) jo pasal  112 ayat (1)  Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Dalam mengantisipasi peredaran gelap narkotika kedepannya, maka diperlukan peran serta semua komponen masyarakat untuk menanggulangi permasalahan narkotika ini. BNNK Ciamis mengajak masyarakat untuk bersama-sama untuk mewujudkan Kabupaten Ciamis terbebas dari penyalahgunaan Narkotika, pungkas AKBP Yaya Satyanagara S.H.

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab