PERAN ULAMA DALAM UPAYA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA

BANJARSARI, Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra)  melaksanakan kegiatan Sinergitas Peran Ulama Dalam Peningkatan Pemberdayaan Umat di Kabupaten Ciamis bertempat di Aula Kantor Kecamatan Banjarsari pada hari Kamis 29 Maret 2018.

Sebanyak 200 Orang peserta merupakan perwakilan para ulama dari Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Banjaranyar, Kecamatan Pamarican, Kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Lakbok.

Menurut Kasubag Pelayanan Sosial Setda Kabupaten Ciamis H. Cecep Yusup T., S.Ag., M.Si., usai kegiatan menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini  menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang bahaya narkoba, dimana saat ini peredaran gelap narkoba sudah sangat mengkhawatirkan.

Dengan hadirnya para ulama ini mudah-mudahan bisa menyampaikan kembali kepada jamaah tentang bahaya narkoba sehingga masyarakat secara luas memiliki pemahaman tentang bahaya narkoba apabila disalahgunakan, ujar Cecep

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan bidang Kesra yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke dua setelah kegiatan yang sama dilaksanakan di Kecamatan Rancah pada beberapa waktu yang lalu, kedepannya kegiatan serupa ini akan dilaksanakan di Kecamatan Kawali, pungkas Cecep.

Sementara menurut Kasi P2M BNNK Ciamis Deny Setiawan, S.Sos., M.M., sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan ini, menjelaskan bahwa permasalahan narkoba saat ini merupakan permasalah yang bukan hanya ditangani oleh aparat penegak hukam maupun oleh BNN saja, namun sudah menjadi tanggung jawab kita semua, dimana seluruh komponen masyarakat yang juga di dalamnya termasuk Ulama secara bahu-membahu dapat berperan serta dalam menanggulangi permasalahan narkoba.

Peran ulama ditengah masyarakat sangat strategis dimana bisa memberikan pengarahan di setiap waktu kegiatan keagamaan ataupun kumpulan di masyarakat masing-masing. Dengan ilmunya para ulama bisa menyampaikan bahaya narkoba kepada jamaahnya secara lugas dari sudut pandang agama.

Disamping menjelaskan apa itu narkoba, jenis narkoba, sanksi hukum serta akibat yang ditimbulkan dari menyalahgunakan narkoba bagi kesehatan, Deny pun menghimbau kepada peserta apabila ada saudara, kerabat, teman yang sudah terlanjur menyalahgunakan narkoba atau korban penyalahguna narkoba segera laporkan ke BNN untuk segera direhabilitasi baik medis maupun sosial tanpa dipungut biaya, pungkas Deny.

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab