MELALUI RAIMUNA DAN KANIRA BENTUK PRAMUKA ANTI NARKOBA

Cijeungjing, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Ciamis menggelar kegiatan Raimuna XIV dan Kanira VI Cabang Ciamis Tahun 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Majaprana Cijeungjing pada tanggal 30 April s/d 06 Mei 2018.

Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program kerja Dewan Kerja Cabang Kabupaten Ciamis masa bakti 2015-2020 dengan jumlah peserta sebanyak 750 Orang perwakilan dari pelajar setingkat SLTA dan perguruan tinggi se- Kabupaten Ciamis.

Menurut Ketua Pelaksana (Bupati Perkemahan Raimuna 2018) Anjar Nugraha, S.Pd., menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini yaitu untuk memperkuat ikatan silahturahmi antara pemuda di Kabupaten Ciamis, dimana kegiatan ini digelar setiap 5 tahun sekali.

Tujuan menghadirkan narasumber dari BNNK Ciamis yaitu melihat fenomena yang terjadi saat ini banyak sekali terjadi penyelundupan narkoba dan penyalahgunaan narkoba di kalangan generasi muda, sehingga dalam kegiatan Raimuna ini dimana kaum muda berkumpul bersama sehingga tepat untuk dilakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba.

Anjar berharap selesai kegiatan ini diharapkan para peserta kembali ke sokolah dan lingkungannya masing-masing dengan membawa wawasan dan informasi yang didapat dari kegiatan ini supaya bisa mengamalkan oleh diri sendiri lebih-lebih bisa mengajak orang lain untuk bisa menjauhi narkoba, pungkas Anjar.

Selanjutnya Aris Nuryana, S.Sos., Kasi Rehabilitasi BNNK Ciamis selaku narasumber pertama membahas tentang rehabilitasi bagi pecandu, korban penyalahguna narkoba dimana upaya rehabilitasi ini bisa dengan cara melaporkan dirinya sendiri atau keluarganya, tetangga, kerabat atau siapapun yang dikenal sebagai pecandu ke BNNK Ciamis untuk difasilitasi ke tempat rehabilitasi baik medis maupun sosial yang sudah ditetapkan, dengan harapan pulih dan tidak relapse kembali ke narkoba.

Sementara menurut Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, S.H., sekaligus sebagai narasumber yang ke dua menyampaikan bahwa melalui kegiatan Raimuna ini dapat memotivasi generasi muda untuk  ikut berperanserta aktif membantu pemerintah menangani masalah narkoba, Peran serta masyarakat dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) sangat diperlukan, karena BNN tidak bisa bergerak sendiri dalam menangani permasalahan narkoba, sebagaimana tertuang dalam pasal 104 UU No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika bahwa “Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika”.

Setelah mengikuti kegiatan, diharapkan anggota Pramuka dapat meneruskan pengetahuannya kepada masyarakat di lingkungan sekitar, dan mampu bersinergi dengan BNN guna meminimalisir penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di masyarakat, pungkas Yaya.

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab