SMP PLUS MA’ARIF NU CIAMIS GELAR PENCEGAHAN DINI TERHADAP NARKOBA

Kertasari, SMP Plus Ma’Arif NU Ciamis menggelar kegiatan sosialisasi tentang bahya narkoba dalam rangka penguatan nilai-nilai  ke Nu an dan Kepesantrenan bagi siswa-siswi kelas IX angkatan 10 tahun 2017/2018 bertempat di SMP Plus Ma’Arif NU Ciamis pada hari Rabu (9/5/2018).

Sebanyak 120 Orang peserta yang hadir merupakan siswa-siswi kelas IX SMP Plus Ma’Arif NU Ciamis.

Menurut Ade Irawan, S.Pd., sekaligus Panitia kegitan menjelaskan tujuan digelarnya untuk memberikan pemahaman ke NU an, kepesantrenan serta sekaligus memberikan tentang pemahaman bahaya narkoba kepada para peserta didik.

Sosialisai tentang bahaya narkoba dilingkungan SMP Plus Ma’Arif NU Ciamis ini yaitu untuk memberikan pemahaman kepada pelajar tentang narkoba yang memang saat ini sudah meresahkan semua pihak khususnya di lingkungan pendidikan. Oleh sebab itu pihak kami mengundang narasumber dari BNN untuk berupaya membentengi pelajar dari bahaya narkoba.

Harapannya pelajar memiliki pengetahuan tentang narkoba sehingga mereka mampu untuk menolak narkoba dan sebisa mungkin menginformasikan kembali ilmu yang didapat ini kepada teman lainnya dan kepada keluarga masing-masing, pungkas Ade.

Menurut Rachman Haerudin, S.Sos., narasumber dari BNNK Ciamis sekaligus Konselor Seksi Rehabilitasi BNNK Ciamis dalam paparannya yang berjudul “Remaja Melawan Narkoba” menjelaskan bahwa Remaja rentan terjerat narkoba karena tiga faktor yaitu, faktor keluarga disebabkan kurangnya perhatian orang tua dan jarangnya komunikasi antara anak dan orang tua sehingga anak cenderung berkomunikasi di luar rumah dengan teman sebayanya.

Kedua faktor individu anak yang cendrung menutup diri terhadap permasalahan yang ada akan menimbulkan dampak putus asa akan dirinya dan ketiga faktor lingkungan di luar rumah lebih rentan untuk anak melakukan hal-hal yang negatif karena kurangnya pengawasan dari orangtua.

Rachman juga memberikan kiat untuk bisa menghindari narkoba yaitu dengan kegiatan alternatif, kegiatan yang dapat menyebabkan kita merasa nyaman, rileks, gembira dan puas tanpa perlu memakai narkoba. kegiatan tersebut bisa berupa Berolah raga, main musik,  jalan-jalan, nonton dan lain sebagainya.

Bentengi diri dengan tanamkan pendidikan agama sedini mungkin, ciptakan kehidupan rumah tangga yang harmonis, tanamkan bahwa penyalahgunaan narkoba merugikan dan melanggar hukum, pungkas Rachman.

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab