BNNK CIAMIS GELAR DONOR DARAH DALAM RANGKA MEMPERINGATI HANI 2018

Ciamis, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar aksi sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2018. Donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis, donor darah tersebut berlangsung di Kantor BNNK Ciamis jalan Mr. Iwa Kusumasumantri Blok 12 Kertasari Ciamis, Senin (16/7/2018).

Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, SH menjelaskan pelaksanaan kegiatan donor darah sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2018 yang puncaknya akan dilaksanakan pada hari Rabu 18 Juli 2018, serta kegiatan ini pun merupakan satu bentuk partisipasi di bidang kemanusian untuk membantu PMI dalam hal menambah jumlah cadangan darah.

Donor darah melibatkan puluhan pendonor, baik pegawai BNNK Ciamis maupun pegawai instansi lain, serta dari masyarakat umum.

Ia menjelaskan, kegiatan donor darah tersebut diikuti oleh sebanyak 35 orang yang terdiri dari beberapa instansi seperti Setda Ciamis, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pertanian, Dinas P2KBP3A, BPN, serta Relawan Anti Narkoba Kabupaten Ciamis, jelasnya.

Pihak BNNK Ciamis dibantu oleh tim teknis transfusi darah dari PMI sebanyak 5 orang dan dibantu dengan 1 anggota untuk melakukan pendataan (administrasi).

Hasil pemeriksaan petugas dari 35 Orang yang hadir untuk mendonorkan darahnya, hanya bisa diambil sejumlah 27 orang saja karena sisanya tidak lolos persyaratan untuk mendonor , dikarenakan kadar Hb nya rendah dan tekanan darahnya tinggi sehingga kantung darah yang diperoleh sebanyak 27 labu darah yang terdiri dari, Golongan darah A sebanyak 11 kantong, Golongan darah B sebanyak 7 kantong, Golongan darah O sebanyak 8 kantong dan Golongan darah AB sebanyak 1 kantong.

Sementara itu Kepala UDD Kabupaten Ciamis, dr. H. Andi Bastian disela aksi sosial donor darah yang diadakan oleh BNN Kabupaten Ciamis, Kami mengucapkan terima kasih telah dilaksanakannya donor darah oleh BNNK Ciamis, kegiatan donor darah ini sangat positif dan sangat diperlukan oleh seluruh masyarakat terutama yang membutuhkan darah ketika mereka sakit.

Saat ini kebutuhan darah di Kabupaten Ciamis sangatlah banyak sekitar 800 sampai 900 labu per bulan, itu harus tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama yang sakit. Dengan jumlah penduduk Kabupaten Ciamis 1,4 juta, saya kira kebutuhan darah di Kabupaten Ciamis bisa terpenuhi. “Darah ini Bukti Cinta untuk Sesama”, pungkas Andi.

 

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab