ANGGOTA PRAMUKA HARUS MENJADI TELADAN DAN PELOPOR ANTI NARKOBA BAGI GENERASI MUDA

CIAMIS,- Gerakan Pramuka Ambalan Panca Wesi Jaya Gugus Depan Ciamis 01-145 Pangkalan Sekolah Menengah Kejuruan Lembaga Pendidikan Teknologi (SMK LPT) Ciamis menggelar kegiatan Masa Ta’aruf Calon Anggota Keluarga Ambalan Penegak (Mata Cakap), bertempat di Lapang Desa Cisadap Ciamis, Jum’at (20/07/18).

Selaku Pembina Gudep 01-145, Muh. Faud Muttaqin Hasan, S.Pd., menjelaskan salah satu tujuan digelarnya Mata Cakap selain untuk pengenalan kepenegakan bagi Pramuka Penegak yang baru, juga sebagai ajang pembentukan karakter anggota pramuka yang terbebas dari kenakalan remaja dan masalah hukum lainnya, termasuk narkoba khususnya. Kegiatan ini diikuti oleh152 orang peserta.

Harapannya para peserta setelah mengikuti kegiatan ini akan memperoleh wawasan baru yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain yang berada disekitarnya serta memiliki kemampuan untuk menolak penyalahgunaan narkoba.

Dalam kesempatan ini narasumber dari BNNK Ciamis disampaikan oleh Penyuluh Narkoba Hasan Musadad, S.Ip.  dalam paparannya mengajak kepada para siswa baru sebagai anggota pramuka agar mau tahu apa itu narkoba, faham akan permasalahan yang ditimbulkannya, sadar akan bahayanya, dan terampil menolaknya baik menyalahgunakan maupun mengedarkannya.

Hasan menjelaskan narkoba dari sudut pandang agama sangat jelas, bahwa segala sesuatu yang memiliki dampak negatif atau buruk diharamkan oleh agama serta narkoba juga sudah sangat jelas memiliki efek buruk yang berbahaya bila disalahgunakan

Anggota Pramuka harus menjadi teladan dan pelopor anti narkoba bagi generasi muda lainnya yang tentunya dapat membentuk imunitas dari ancaman narkoba, karena narkoba dapat mengancam kelangsungan hidup masa kini dan masa depan generasi bangsa, pungkas Hasan.

 

 

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab