KKN MAHASISWA IAID GELAR PENYULUHAN BAHAYA NARKOBA

Panumbangan, KKN Mahasiswa Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis Posko Desa Buanamekar Kecamatan Panumbangan menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba yang bertempat di SMPN 3 Panumbangan Desa Buanamekar Kecamatan Panumbangan pada hari Senin 27 Agustus 2018.

Sebanyak 80 peserta yang hadir merupakan perwakilan dari SMPN 3 Panumbangan Desa Buanamekar Kecamatan Panumbangan.

Menurut Ketua pelaksana Uuf Abdurrauf, kegiatan ini mengambil tema “Peran Generasi Muda Dalam Upaya Pencegahan Bahaya Narkoba”. giat ini merupakan bagian dari program kerja KKN mahasiswa IAID Ciamis posko Desa Buanamekar untuk memberikan informasi tentang bahaya narkoba terhadap generasi muda khususnya pelajar, serta kegiatan ini pula sebagai salah satu upaya mencegah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di kalangan pelajar

Uuf berharap dengan adanya penyuluhan tentang bahaya narkoba ini bisa memberikan informasi kepada peserta bahwa narkoba itu berbahaya apabila disalahgunakan, serta Uuf pun menghimbau kepada peserta yang hadir jangan pernah mencoba narkoba dan mampu untuk menolak narkoba.

Sementara menurut Kepala Sekolah SMPN 3 Panumbangan Drs. Endang, M.Si., kegiatan ini diharapkan bisa memberikan gambaran dan informasi yang berguna bagi pelajar, dimana masa sekarang ini peredaran narkoba sudah merambah ke generasi muda khususnya pelajar yang merupakan penerus bangsa ini.

Kita harus sekuat tenaga membentengi generasi penerus supaya tidak terjerumus kepada penyalahgunaan narkoba. Cita-cita bangsa ini harus memiliki generasi emas yang siap berbakti tanpa adanya hambatan-hambatan seperti narkoba.

Endang menghimbau jangan pernah mencoba narkoba, nanti akan merusak masa depan oleh sebab itu kegiatan ini merupakan bentuk pencegahan bagi kita semua untuk tidak terjerumus ke masalah narkoba.

Selanjutnya narasumber dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis Rachman Haerudin, S.Sos., selaku Konselor Seksi Rehabilitasi BNNK Ciamis pada kegiatan ini memaparkan materi dengan judul  “Remaja Melawan Narkoba dengan Prestasi”.

Rachman menyampaikan apresiasinya atas digelarnya kegiatan ini yang merupakan bentuk kepedulian mahasiswa dalam upaya P4GN kepada pelajar SMPN 3 Panumbangan.

Menurut Rachman, peran serta masyarakat dalam melaksanakan kegiatan P4GN merupakan bentuk kepedulian masyarakat termasuk di dalamnya mahasiswa dan pelajar dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari Narkoba, karena tidak mungkin BNN dan Aparat Hukum saja yang bisa menangani permasalahan narkoba yang saat ini sudah cukup mengkhawatirkan.

Selain menerangkan narkoba beserta jenis, bahayanya dan sanksi hukumnya, Rachman juga menyampaikan pesan apabila ada keluarga, kerabat dan teman di lingkungannya yang terlanjur menjadi pecandu dan korban penyalahgunaan narkoba, segara untuk melapor kepada pihak terkait atau langsung kepada BNN untuk direhabilitasi baik secara rehabilitasi medis atau rehabilitasi sosial.

Para peserta diharapkan menjadi mitra atau perpanjangan tangan BNN untuk menyampaikan bahaya narkoba kepada teman, keluarga dan masyarakat sekitar guna mewujudkan lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

 

 

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab