MELALUI PIK-R CEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Baregbeg, UPTD KB Kecamatan Baregbeg bekerjasama dengan Pemerintah Desa Jelat melalui PIK-R Desa Jelat menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba kepada generasi muda, yang bertempat di Gor Desa Jelat pada hari Jum’at 31 Agustus 2018.

Sebanyak 170 Siswa-Siswi SMPN 3 Baregbeg hadir mengikiti penyuluhan ini yang bertemakan “Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Generasi Muda”

Menurut Ketua Pelaksana Arga Susyla Prayoga, S.E., menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat diperlukan dalam membina dan menyiapkan generasi muda yang diharapkan nantinya dapat mengetahui narkoba serta permasalahannya, sekaligus mampu untuk menolaknya. Hal ini sejalan dengan program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R)

Sementara Kepala Desa Jelat Darsono dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini di pandang sangat perlu, karena dilihat ari permasalahan narkoba saat ini sudah mengkhawatirkan, oleh karena itu kegiatan ini untuk memberikan informasi dan pemahamantentang permasalahan narkoba kepada peserta yang hadir dari peserta didik SMPN 3 Baregbeg supaya tidak terjerumus kepada penyalahgunaan narkoba, sekaligus kegiatan ini merupakan langkah awal untuk membentengi generasi muda dari masalah narkoba.

Apa jadinya generasi muda apabila sudah mulai menyalahgunakan narkoba tentu akan berdampak buruk bagi bangsa ini kedepannya. Oleh sebab itu pencegahan saai ini sangat perlu dilakukan, pungkas Darsono.

Selanjtnya Deny Setiawan, S.Sos., M.M., selaku Kasi P2M BNNK Ciamis sekaligus narasumber kegiatan penyuluhan ini dalam paparannya yang berjudul Bahaya penyalahgunaan Narkoba Bagi Generasi Muda.

Menurut Deny orang mulai menyalahgunakan narkoba sebagian besar dimulai pada saat remaja, sebab pada remaja sedang mengalami perubahan biologi, psikologi maupun sosial yang rentan. Remaja yang mempunyai resiko lebih besar menggunakan Narkoba memiliki ciri-ciri seperti kecendrungan untuk memberontak, perilaku yang menyimpang dari aturan atau norma, kurangnya percaya diri sehingga mudah minder, mudah kecewa sering murung dan cepat merasa jenuh.

Faktor lingkungan pun turut andil dari permasalahn narkoba meliputi faktor keluarga dan lingkungan pergaulan baik sekitar rumah, sekolah, teman sebaya, maupun masyarakat. Kurangnya komunikasi dengan orang tua sering menjadi penyebab anak lari kepada narkoba, serta kurangnya kekuatan agama pada diri anak tersebut.

Masalah penyalahguanaan Narkoba  khususnya pada remaja adalah ancaman yang sangat mencemaskan bagi keluarga khususnya. Pengaruh Narkoba sangatlah buruk, baik dari segi kesehatan pribadinya, maupun dampak sosial yang ditimbulkannya. Masalah pencegahan penyalahgunaan Narkoba bukanlah menjadi tugas dari aparat hukum semata, melainkan menjadi tugas kita bersama termasuk pelajar didalamnya. Upaya Pencegahan Dan Pemberantasas Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilakukan sejak dini sangatlah baik, tentunya peran orang tua dalam keluarga dan juga peran pendidik di sekolah sangatlah besar bagi pencegahan penaggulangan terhadap Narkoba.

Mudah-mudahan dengan kegiatan ini para peserta mampu untuk membentengi dirinya sendiri  dan mampu untuk menyebarkan informasi ini kembali di lingkugannya masing-masing, pungkas Deny.

 

 

 

Press Release By BNNK Ciamis

AUTHOR: Ciamiskab