UPACARA ADAT NGIKIS DI KABUPATEN CIAMIS

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis, 29 April 2019 Bertempat di Situs Bojong Galuh Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Dilaksanakan upacara tradisi “Ngikis” yang merupakan salah satu keanekaragaman budaya di Kabupaten Ciamis, juga merupakan salah satu tradisi turun temurun yang memiliki nilai filosofis tinggi dalam menyambut bulan Ramadhan penuh berkah dan ampunan dimana terkandung nilai-nilai ibadah guna mensucikan kembali jiwa manusia sesuai dengan fitrahnya sebagai hamba Allah yang terus berupaya meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kepada Allah SWT.

Upacara tradisi Ngikis ini sendiri memiliki arti pendalaman dan penyempurnaan atau membersihkan hati dan jiwa dari sifat-sifat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya, moral dan nilai agama Islam.

Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sangat tinggi dan mengucapkan terimakasih kepada para Sesepuh, Juru Kunci dan Juru Pelihara Situs Karangkamulyan, para Seniman, Budayawan, jajaran panitia, serta seluruh masyarakat atas segala bentuk pengabdian dan perjuangannya dalam memelihara, melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan upacara Ngikis ini.

Beliau berharap melalui upacara tradisi Ngikis ini akan terpelihara investasi budaya daerah pada generasi penerus masa depan, sehingga tercipta masyarakat Tatar Galuh yang menjunjung tinggi kearifan lokal dan nilai budayanya sehingga terjaga kondusifitas dan harmonisasi dalam segala aspek kehidupan.


Press Realease Diskominfo Kabupaten Ciamis

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 10 times, 1 visits today)
Share This :