WAKIL BUPATI CIAMIS BUKA ACARA PENILAIAN KOMPETENSI PEJABAT TINGGI PRATAMA (ESELON II) TAHUN 2019

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis, 04 Mei 2019 bertempat di BKPSDM Kabupaten Ciamis digelar acara penilaian kompetensi pejabat tinggi pratama (Eselon II) Tahun 2019. Diawali dengan laporan Kepala BKPSDM yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur Dr. Asep Saeful Rahmat, S.IP, M.Si. dalam laporannya disebutkan bahwa latar belakang penyelenggaraan acara ini adalah melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara serta Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, bahwa semua ASN yang memenuhi syarat yang akan/telah menduduki jabatan diharuskan mengikuti proses tes/uji berkala.

BKPSDM Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan PPSDM FISIP UNPAD Bandung berlangsung selama dua hari dan diikuti sebanyak 24 peserta Esselon II. Adapun tujuan dari pelaksanaan penilaian kompetensi ini menurut Asep adalah untuk memperoleh informasi yang obyektif mengenai karakter, keahlian dan kompetensi; sebagai bahan referensi pemetaan pejabat struktural; dan sebagai syarat dalam rangka pengisian jabatan, dilakukan melalui evaluasi kesesuaian kualifikasi, kompetensi dan kinerja.
Selanjutnya acara dibuka oleh Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, dalam sambutannya Wakil Bupati menyebutkan bahwa reformasi birokrasi merupakan sebuah upaya perubahan mendasar dalam tata kelola pemerintahan dan SDM.

Organisasi pemerintah harus efektif dan efisien, diisi oleh ASN yang profesional, kompeten, serta kompetitif. dalam kontek yang lebih spesifik ASN pengisi jabatan struktural terutama dalam level jabatan pimpinan tinggi (JPT) harus bergerak menjadi motor agen perubahan (Agent Of Change) baik untuk para staf maupun instansi yang dipimpinnya. selain mampu memotivasi para stafnya itu, ia juga harus mampu menunjukkan diri sebagai SDM yang smart.

Oleh kerena itu keberadaan pejabat tinggi pratama (Eselon II) yang kompeten, memiliki kemampuan manajerial dan sosio kultural yang mumpuni merupakan sebuah keniscayaan dalam rangka memformulasikan dan mengakselerasi implementasi pencapaian Visi Pemerintah Kabupaten Ciamis yaitu

“MANTAPNYA KEMANDIRIAN EKONOMI, SEJAHTERA UNTUK SEMUA”.

Muara dari penilaian ini adalah pengembangan kompetensi. Pengembangan kompetensi ASN dibutuhkan karena tuntutan lingkungan strategis, seperti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi dan peningkatan daya saing daerah, serta harapan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis yang terus berkembang, sejalan dengan perkembangan dan dinamika masyarakat.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati Ciamis berharap agar dengan adanya penilaian kompetensi pejabat tinggi pratama (Eselon II) ini diharapkan penempatan para pejabat di lingkup Pemkab Ciamis bisa lebih sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh masing-masing ASN yang bersangkutan.

 

 

Press Realease By Diskominfo Kabupaten Ciamis

Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]
(Visited 2,812 times, 1 visits today)
Share This :