BUPATI BUKA FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RPJMD KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2019 – 2024

posted in: Kabar Ciamis | 0

 

Ciamis 14 Mei 2019, bertempat di Aula Adipati Angganaya Bappeda Kabupaten Ciamis, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya membuka forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, Kepala BPS, Ketua APDI, Kepala LTPKD, Ketua LPPM UNIGAL, Pendamping P3MD, serta Komite Perencana Ir. Tiwa Sukrianto, MS dan Drs. H. Tarso Dawaminata, MP.
Mengawali sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa forum konsultasi publik RPJMD ini mempunyai peran yang strategis dalam menentukan arah kebijakan pembangunan daerah selama lima tahun kedepan, termasuk didalamnya kerangka pendanaan pembangunan dan program Perangkat Daerah.
Bupati akan meneruskan dan meningkatkan kebijakan-kebijakan pembangunan daerah yang telah berjalan selama ini, dan bahkan akan berinovasi agar akselerasi pembangunan di Kabupaten Ciamis berjalan lebih efektif dan efisien, sehingga capaian indikator makro pembangunan Kabupaten Ciamis lebih meningkat.
Isu strategis Kabupaten Ciamis selama 5 tahun ke depan adalah:

  1. Penanganan kemiskinan, pengangguran dan ketenagakerjaan.
  2. Peningkatan kualitas dan kesempatan pendidikan.
  3. Peningkatan derajat kesehatan masyarakat.
  4. Peningkatan daya beli masyarakat.
  5. Peningkatan kualitas infrastruktur wilayah dan pedesaan.
  6. Peningkatan kinerja pemerintah daerah.
  7. Pemberdayaan masyarakat dan desa.
  8. Peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanganan bencana alam.

Isu-isu tersebut merupakan dasar untuk merumuskan strategi perencanaan kedepan yang dituangkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Ciamis tahun 2019-2024.
Forum ini bertujuan untuk menginformasikan rancangan awal tujuan, sasaran dan arah kebijakan serta program pembangunan daerah kepada publik hasil dari penjabaran visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2019 – 2024. Bupati berpesan kepada para kepala OPD agar mengikuti tahapan penyusunan dokumen RPJMD ini secara cermat, terjemahkan indikator daerah yang tercantum dalam RPJMD ke dalam indikator Perangkat Daerah masing-masing, serta susun rencana program dan kegiatan lima tahun kedepan secara efektif dan efisien.
Diakhir sambutannya, Bupati juga mengajak kepada seluruh yang hadir agar dapar memberikan kontribusi terhadap perencanaan pembangunan daerah kedepan, semua ini dalam rangka mewujudkan Kabupaten Ciamis yang lebih maju dan sejahtera.

 

 

Press Release By Diskominfo dan Bagian Humas Setda

(Visited 4,126 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
Share This :