Bupati Terima Kunjungan Rombongan Executive VICE President DAOP II PT. KAI

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis 15 Mei 2019 Bertempat di Operasional Room Sekretariat Daerah, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya beserta Wakil Bupati Yana D. Putra menerima kunjungan rombongan Executive Vice President DAOP II PT. Kereta Api Indonesia.

Pertemuan dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti surat usulan pemberhentian kereta api eksekutif di Stasiun Ciamis. Bupati mengawali pertemuan dengan memaparkan sejarah jalur kereta api yang melintasi Ciamis pada jaman Belanda dulu, pada saat itu jalur lintasan kereta api dari Bandung ke Jawa Tengah tidak direncanakan melewati Ciamis, namun Kanjeng Prebu R.A.A Kusumadiningrat yang merupakan Bupati Galuh Ciamis Tahun 1839-1886 melobi Pemerintah Belanda agar jalur lintasan kereta api bisa melewati dan berhenti di Ciamis. Dasar pertimbangan Kanjeng Prebu pada saat itu adalah karena jumlah penduduk Ciamis lebih besar daripada Cimaragas dan dapat memperkuat eksistensi Ciamis sebagai Ibukota Galuh. Pemerintah Belanda pun mengabulkan permintaan Kanjeng Prebu agar jalur lintasan kereta api melewati Ciamis walaupun harus membangun dua jembatan yaitu jembatan Cirahong yang sangat fenomenal serta jembatan yang ada di karangkamulyan Cijeungjing.

Bupati Ciamis saat ini ingin meneruskan perjuangan Bupati terdahulu untuk dapat meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi masyarakat Kabupaten Ciamis, yaitu dengan cara mengusulkan penambahan volume kereta api eksekutif yang berhenti di Stasiun Ciamis.

Executive Vice President DAOP II, Saridal menjawab usulan Bupati Ciamis. Saridal mengungkapkan bahwa dasar pertimbangan pemberhentian kereta api eksekutif pada stasiun tertentu adalah dengan mempertimbangan potensi-potensi yang ada pada daerah tersebut seperti destinasi wisata. Namun yang terpenting menurutnya adalah dengan adanya moda transportasi terusan dari stasiun, sehingga ketika penumpang turun harus tersedia moda transportasi yang siap mengantarkan penumpang ke tujuannya selama 24 jam, sehingga kenyamanan dan keamanan penumpang dapat terjaga.

Mendengar jawaban tersebut, Bupati dan Wakil Bupati berkomitmen untuk segera memenuhi apa saja yang dipersyaratkan dari sarana prasarana dan kebijakan yang akan mendukung usulan ini, sehingga pihak PT. KAI dapat mengakomodir usulan masyarakat Kabupaten Ciamis ini.

 

 

Press Release by Diskominfo

(Visited 231 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 0 Average: 0]