Wakil Gubernur Jawa Barat Turut Hadir Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Ciamis

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis 1 Juni 2019 – Bertempat di taman Raflesia diselenggarakan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2019. Selain dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, upacara terasa istimewa karena dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang pada hari ini ada beberapa agenda kegiatan di Kabupaten Ciamis. Upacara dihadiri juga oleh Ketua dan Anggota DPRD, Unsur Forkopimda, para pejabat sipil TNI dan POLRI, pimpinan dan anggota organisasi perempuan, tokoh masyarakat, sesepuh, alim Ulama, tokoh pemuda, serta ASN diluar lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis yang sedang melaksanakan ‘mudik lebaran’.

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya sebagai Inspektur Upacara membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Isi sambutan diantaranya adalah bahwa Pancasila mampu menyatukan kita semua sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para ”pendiri bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan seharihari. Berkat Pancasila yang berhubungan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan ”Bhinneka Tunggal Ika”.

Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut ”Jas Merah”. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride). Dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai ”leitstars dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan.

Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi ”politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

 

 

Press Release by Diskominfo

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 4]
(Visited 167 times, 1 visits today)