Pelaksanakan Sholat Idul Fitri 1440H Tingkat Kabupaten Ciamis

posted in: Kabar Ciamis | 0

Rabu tanggal 05 Juni 2019 bertempat di Halaman Masjid Agung Ciamis dilaksanakan Sholat Idul Fitri 1440 Hijriyah/2019 Masehi Tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Ketua dan Anggota DPRD, Unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Pimpinan BUMN/BUMD, Tokoh agama, Alim Ulama, Santriwan/wati, serta Jemaah Idul Fitri Masyarakat Kabupaten Ciamis. 

Mengawali acara, panitia kegiatan Sholat Idul Fitri 1440 H tingkat Kabupaten Ciamis Kepala Kemenag Kab. Ciamis menyampaikan tema Hari Raya Idul Fitri tahun ini adalah “Menegakkan Agama dan kebersamaan serta memupuk jiwa keagaman yg bertaqwa kepada Allah SWT”. Bertindak sebagai Imam Sholat KH. Abdul Ajis sekaligus Sesepuh Ponpes Kawali dan Dr. KH. Fadlil Yani Ainusyamsi M.Ag (Kang Icep) Pengasuh Ponpes Darussalam Ciamis sebagai Khatib.

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan “Allah SWT Maha Besar, tiada tuhan selain Allah, Zat yang memberikan nikmat hidup seisi alam” kita dapat berjamaah di hari ini berkat karunia Allah SWT, semoga puasa dibulan suci ini diberikan kemakbulan dihadapan Allah SWT, bulan suci Ramadhan telah berlalu, alangkah indahnya dihari yang fitri ini kita sejenak merenung tentang indahnya limpahan rahmat dari Allah SWT. Alhamdulillah Pemilu aman dan lancar, semoga masyarakat bisa bersikap dewasa dalam berdemokrasi. Bulan suci Ramadhan sebagai ujian dan tempaan, persatuan dan kesatuan harus diterapkan.

Mengakhiri sambutannya Bupati berpesan “Dengan semangat Idul Fitri mari kita saling maaf memaafkan, kedepan kita songsong Pembangunan Tatar Galuh Kabupaten Ciamis, peningkatan pendidikan dan daya beli serta membangun tatanan masyarakat serta kinerja Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa yang bersih yang akuntabel dan handal, senantiasa menjaga diri untuk meningkatkan ibadah dan istiqomah”, selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah tutupnya.

Adapun Tausyiah Kang Icep menyampaikan kesempurnaan puasa adalah Idul fitri, puasa Ramadhan diharapkan dapat memperbaiki ketaqwaan, orang taqwa harus mempunyai pendirian, karena hanya takut kepada Allah SWT. Solidaritas sosial orang Islam itu menghilangkan kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin, sekarang manusia dihargai dengan kekayaan, jabatan dan keturunannya, tetapi dibulan suci Ramadhan ini mari kita perbaiki diri. Dalam sejarah didunia adalah masyarakat Madinah yang ideal, karena dengan berbagai kemajemukan dapat hidup damai dan peduli terhadap orang miskin, pemimpin itu harus sabar, lembut dan dekat dengan siapapun, dengan Idul Fitri mari kita tanamkan taqwa, mari kita lawan godaan setan dan hindari mempunyai sifat serakah, bencana krisis akhlak (kemiskinan lahir dan batin) oleh sebab itu dihari yang fitri ini mari kita perbaiki sikap dan jati diri Muslim, semoga kita diberikan umur panjang dibulan suci Ramadhan tahun depan, semoga kita semua selamat dunia dan akherat, pungkasnya.

Seusai Sholat Idul Fitri 1440 H diselenggarakan ramah tamah (Musafahah) Bupati dan Wakil Bupati Ciamis beserta Unsur Forkopimda dengan masyarakat dihalaman Pendopo Kabupaten Ciamis.

 

 

Press Release by Bagian Humas Setda

(Visited 131 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 3 Average: 4.7]