Ziarah Bupati dan Wakil Bupati ke Makam Leluhur Galuh Ciamis Peringati Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-377

posted in: Kabar Ciamis | 0

Senin 10 Juni 2019 dilaksanakan prosesi ziarah ke makam leluhur Galuh Ciamis dalam rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis ke-377 tahun 2019 yang dihadiri oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Unsur pimpinan Forkopimda, para kepala SKPD, para Camat, Ketua dan pengurus Persit Kartika Candra Kirana cabang Kodim 0613/Ciamis, ketua dan pengurus PKK Kabupaten Ciamis, Raja Galuh Ciamis, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan pelajar.

Awal rangkaian kegiatan dimulai pukul 08.35 WIB di makam Raden Adipati Arya Panji Jayanegara (1635 – 1678) yang merupakan Bupati pertama bertempat di makam Ciwahangan Girang Desa Imbanagara Ciamis.

Rangkaian ķedua pukul 09.00 WIB di makam Raden Tumenggung Wiradikusumah (1815 – 1819) yang merupakan Bupati ke-14 bertempat di makam Cigadung Desa Imbanagara Ciamis.

Rangkaian ziarah ketiga pukul 09.40 WIB di makam Raden Adipati Kusumahdiningrat (1839 – 1886) yang merupakan Bupati ke-16 bertempat di makam Jambansari Selagangga Ciamis.

Rangkaian ziarah keempat pukul 10.05 WIB di makam Raden Adipati Arya Kusumah Subrata (1886 – 1914) yang merupakan Bupati ke-17 bertempat di makam Sukasirna Ciamis.

Rangkaian ziarah kelima pukul 11.25 WIB di makam leluhur Astana Gede Astana Gede Kawali. Sekaligus prosesi Sidekah Candukul (Sidekul) yang merupakan adat budaya kearifan lokal di Kawali. Prosesi diawali dengan tawasulan, tradisi tumpengan, serta ngumbah Prasasti. Pasca ziarah Bupati Ciamis memberikan sambutan di padepokan Astana Gede Kawali, Bupati menghaturkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada masyarakat di Kecamatan Kawali pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Ciamis pada umumnya yang telah berpartisipasi pada peringatan hari jadi Kabupaten Ciamis yang ke-377 ini. Bupati merasa bahagia dan sangat mengapresiasi warga masyarakat Kawali yang sudah melestarikan seni budaya dan bahasa Sunda sebagai bahasa karuhun Ciamis. Menutup sambutannya, Bupati secara pribadi, keluarga dan Pemerintahan Kabupaten Ciamis menghaturkan permohonan maaf lahir dan batin karena masih dalam suasana hari raya Idul Fitri 1440 H.

Press Release by Bagian Humas Setda & Diskominfo

Our Reader Score
[Total: 4 Average: 4.8]
(Visited 133 times, 2 visits today)
Share This :