Rapat Paripurna DPRD Dalam Acara Penetapan Kesepakatan Bersama DPRD Terhadap Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024

posted in: Kabar Ciamis | 0

Bertempat di Aula Tumenggung Wiradikusumah DPRD Kabupaten Ciamis, selepas penjelasan Bupati Ciamis tentang Raperda Kabupaten Ciamis tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Ciamis Tahun Anggaran 2018, dilaksanakan rapat Paripurna DPRD dalam acara penetapan kesepakatan bersama DPRD terhadap rancangan awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024. Acara dibuka oleh Ketua DPRD H. Nanang Permana, SH dan dihadiri oleh Wakil Bupati Yana D Putra, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, unsur Forkopimda, Sekda, Asisten, Staf Ahli, para Kepala SKPD, Kepala Instansi Vertikal, serta Pimpinan BUMN/BUMD.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya menyampaikan bahwa rancanan awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 telah disampaikan kepada DPRD Kabupaten Ciamis pada 27 Mei 2019 silam dan telah dibahas oleh gabungan Komisi DPRD. Bupati menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada DPRD Kabupaten Ciamis yang telah mencurahkan tenaga dan fikirannya untuk membahas rancangan awal RPJMD ini, sehingga pada hari ini terselenggara acara penetapan kesepakatan bersama DPRD terhadap rancanan awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 tersebut.

Bupati menegaskan bahwa RPJMD merupakan dokumen penting dalam pelaksanaan pembangunan daerah. Selain merupakan penjabaran dari visi, misi dan program Kepala Daerah, juga memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan dan keuangan daerah serta program Perangkat Daerah yang disertai kerangka pendanaan untuk jangka waktu lima tahun kedepan.
Bupati juga menjelaskan tahapan-tahapan setelah kesepakatan rancangan awal RPJMD ini yaitu :

1. Konsultasi rancangan awal RPJMD kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat;

2. Penyusunan rancangan RPJMD;

3. Pelaksanaan Musrenbang RPJMD;

4. Perumusan rancangan akhir RPJMD;

5. Pembahasan rancangan akhir RPJMD; serta

6. Penetapan Perda RPJMD.

Menurutnya tahapan-tahapan tersebut harus dilalui agar memperoleh dokumen RPJMD yang lebih berkualitas dan aspiratif dengan pendekatan penyusunan dokumen perencanaan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Bupati berharap pada akhir sambutannya bahwa semoga melalui tahapan kesepakatan rancangan awal RPJMD ini menjadi awal semangat untuk melakukan perencanaan pembangunan yang lebih baik.

Selanjutnya rapat paripurna diteruskan dengan penyampaian laporan gabungan Komisi DPRD Kabupaten Ciamis yang membahas tentang rancangan awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Drs. H. Komar Hermawan. Menurutnya, bahwa gabungan Komisi DPRD dalam melaksanakan pembahasan rancangan awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 ini telah menempuh prosedur serta tahapan-tahapan yang diatur dalam tata tertib DPRD Kabupaten Ciamis dan seluruh ketentuan perundang-undangan yang berlaku secara sistematis. Hasil dari sistematika pembahasan oleh gabungan Komisi DPRD Kabupaten Ciamis ini adalah adanya beberapa rekomendasi terhadap rancangan awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 dari mulai terkait isu strategis kewilayahan hingga terkait penguatan otonomi Desa yang semuanya adalah untuk kemajuan Kabupaten Ciamis kedepan. Komar berharap bahwa laporan ini dapat memenuhi harapan pihak-pihak yang berkepentingan untuk memperoleh gambaran umum tentang potret yang utuh terhadap rancangan arah pembangunan jangka menengah Kabupaten Ciamis lima tahun kedepan yang holistik-tematik, integrative dan berbasis spasial berdasarkan capaian pembangunan, permasalahan dan isu strategis pembangunan serta kemampuan keuangan daerah dengan sejumlah rekomendasi yang telah disampaikan.

Diakhir laporannya, Komar atas nama gabungan Komisi DPRD menyampaikan permohonan untuk persetujuan DPRD terhadap laporan gabungan Komisi DPRD Kabupaten Ciamis yang membahas tentang rancangan awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 dapat disepakati dalam rapat paripurna ini sebagai salah satu kado terbaik untuk Kabupaten Ciamis yang sedang berulang tahun ke-377.

Acara diakhiri dengan penandatanganan penetapan kesepakatan rancangan awal RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024.

 

 

Press Release by Diskominfo

Our Reader Score
[Total: 2 Average: 4.5]
(Visited 85 times, 1 visits today)
Share This :