Pembukaan Pameran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival Tahun 2019

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis 25 Juni 2019, bertempat di Alun-alun Ciamis diselenggarakan Pameran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival (GEC) Tahun 2019 yang dibuka oleh Wakil Bupati Yana D Putra. Acara pembukaan berlangsung dengan meriah dengan penampilan tarian dari beberapa daerah yang menjadi peserta pada GEC Tahun ini.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan ucapan selamat hari jadi Kabupaten Ciamis yang ke-377 dengan harapan dapat terwujudnya Ciamis sinergis dengan kemandirian ekonomi sejahtera untuk semua. “Pameran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival Tahun 2019 ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk melestarikan, mengembangkan dan memajukan budaya sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Tatar Galuh Ciamis merupakan daerah yang memiliki keanekaragaman budaya, baik Warisan Budaya Benda maupun Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) yang mempunyai sejarah dan nilai budaya, cagar budaya dan permuseuman serta kesenian yang sangat beragam baik tradisional maupun kontemporer.

Wakil Bupati menyampaikan dengan bangga bahwa terdapat beberapa pencapaian karya budaya yang telah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional yaitu Upacara adat tradisional Nyangku, Bebegig Sukamantri, dan Gondang Buhun Tambaksari.

Pada Pameran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival (GEC) Tahun 2019 kali ini diisi dengan partisipasi dari beberapa talent, diantaranya ialah Marching Band Gema Galuh Ciamis, Wayang Landung Panjalu, Pontrangan Cimaragas, Mengmleng Winduraja, Mabokuy Rajadesa, Bebegig Sawah Saung Sadulur Kawali, Barongan Purwadadi, Bebegig Baladdewa Sukamantri, Sasapian Bandung Barat, Kebo Ngamuk Indramayu, Badawang Garut, Sotah Banjar, Genye Purwakarta, serta penampilan kesenian dan budaya dari Karawang.

Diakhir sambutannya Wakil Bupati atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis menyampaikan ucapan terimakasih serta apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung dan memberikan motivasi demi suksesnya acara Pameran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival Tahun 2019.

Acara dilanjutkan peninjauan stand pameran budaya oleh Bupati Ciamis, Wakil Bupati beserta unsur Muspida dan tokoh masyarakat.

 

 

Press Release by Diskominfo dan Bagian Humas Setda

(Visited 114 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 2 Average: 4.5]
Share This :