Pra Musrenbang RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024

posted in: Kabar Ciamis | 0

Senin, 01 Juli 2019 bertempat di Aula Adipati Angganaya Bappeda Kabupaten Ciamis digelar acara Pra Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 yang dihadiri oleh para Kepala OPD, Staf Ahli, Camat, instansi Vertikal, BUMD dan organisasi lainnya.

Acara dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra yang menyampaikan bahwa pembangunan di Kabupaten Ciamis telah mengalami kemajuan di berbagai bidang dan hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan indikator makro pembangunan. Hasil-hasil pembangunan telah dirasakan oleh masyarakat, sehingga kedepan perlu lebih ditingkatkan lagi dan dilanjutkan, hal tersebut merupakan komitmen kami yang dituangkan dalam dokumen RPJMD Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024, demikian disampaikan Bapak Wakil Bupati Ciamis dalam sambutannya.

Beliau juga menyampaikan bahwa Visi Kabupaten Ciamis Tahun 2019-2024 adalah “Mantapnya Kemandirian Ekonomi, Sejahtera Untuk Semua” dengan Misi:
1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia;
2. Meningkatkan Ketersediaan Infrastruktur Wilayah yang Mendukung Perkembangan Wilayah;
3. Membangun Perekonomian Berbasis Pemberdayaan Masyarakat, Ekonomi Kerakyatan dan Potensi Unggulan Lokal;
4. Memanfaatkan Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup secara Bijaksana Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan;
5. Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif dan Efisien;
6. Penguatan Otonomi Desa Dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian Masyarakat dan Desa.

Acara selanjutnya yaitu paparan dari kepala Bappeda yang menyampaikan maksud penyusunan RPJMD serta menyampaikan capaian indikator makro pembangunan Kabupaten Ciamis, dan dilanjutkan dengan paparan dari:

1. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, yang menyampaikan rencana pembangunan pertanian pada sub sektor Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan dengan program unggulan yaitu padi, jagung, cabe, durian, kopi dan kelapa.
2. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, yang menyampaikan kegiatan unggulan yaitu penguatan instalasi pembibitan ternak untuk mendukung plasma nutfah Sapi Pasundan/Rancah dan peningkatan produksi daging, penguatan balai pembibitan ternak dan pengembangan pakan lokal berpola kemitraan untuk meningkatkan kemandirian petani peternak serta penguatan Balai Benih Ikan (BBI) berpola kemitraan dengan pelaku utama.
3. Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan, yang menyampaikan rencana pengembangan sentra produk unggulan yaitu pengembangan sentra IKM, pembentukan kelembagaan sentra IKM oleh Pemda, pembangunan infrastruktur untuk mendukung sentra IKM, pembangunan sentra IKM, pembinaan dan pengembangan sentra IKM serta promosi sentra IKM.
4. Dinas Pariwisata, yang menyampaikan rencana pengembangan sentra dan produk unggulan daerah meliputi kuliner makanan ringan dan kerajinan tangan khas Ciamis, pengembangan destinasi wisata, pengembangan pemasaran pariwisata serta pengembangan ekonomi kreatif.

 

 

Press Release by Bappeda

(Visited 49 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 2 Average: 4.5]
Share This :