Bupati Buka Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Kabupaten Ciamis

posted in: Kabar Ciamis | 0

Selasa 2 Juli 2019 Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya membuka acara Hari Krida Pertanian ke-47 tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di lapang Pernamanggala Kecamatan Sadananya. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Kepala Balai BP Opt Jatisari Karawang, Ketua DPRD beserta anggota, unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis, para Kepala SKPD dan Camat, Ketua Komisi Penyuluhan Kabupaten Ciamis, Ketua KTNA Provinsi Jawa Barat, Ketua KTNA Kabupaten Ciamis, Ketua HKTI Kabupaten Ciamis, para stakeholder BUMN, BUMD, Perusahaan Pertanian, serta para petani peserta HKP dan tamu undangan.

Mengawali sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa HKP pada hakekatnya merupakan hari bersyukur, hari berbangga hati, dan sekaligus hari mawas diri, serta hari dharma bhakti bagi segenap insan pertanian. Pada hari tersebut segenap masyarakat insan pertanian menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan YME atas segala nikmat dan rahmat-Nya yang telah dilimpahkan kepada kita kekayaan alam berupa tanah, air, matahari, iklim dan keanekaragaman flora fauna dan lainnya yang oleh masyarakat pertanian diolah dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan seluruh umat manusia.

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada seluruh insan pertanian khususnya para petani, petani hutan, pekebun, pembudidaya ikan dan peternak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan penyediaan bahan pangan, tidak hanya untuk kebutuhan ekonomi keluarganya saja namun juga dalam mewujudkan ketahanan pangan secara regional maupun nasional. “Sektor pertanian di masa kini dan masa mendatang diharapkan tetap berperan sebagai penyangga utama kekuatan perekonomian nasional, karena kontribusinya yang sangat nyata” ujarnya.

Bupati berharap agar penyelenggaraan peringatan HKP ini tidak hanya sekedar bermakna seremonial, namun benar-benar dapat memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat pertanian di Kabupaten Ciamis, untuk mengembangkan pertanian lebih maju, inovatif, dan mensejahterakan rakyat. Diakhir sambutannya, Bupati mengajak kepada semua untuk bersama-sama meningkatkan semangat membangun serta mengimplementasikan komitmen keberpihakan kepada petani untuk peningkatan taraf kesejahteraannya dengan adanya terobosan strategis dan langkah yang inovatif.

Tema penyelenggaraan HKP Tahun 2019 tingkat Kabupaten Ciamis ini adalah “Melalui Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tahun 2019 Kita Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Untuk Kesejahteraan Petani”. Adapun tujuan dari HKP ini adalah :

1. Menggelorakan semangat untuk menumbuhkembangkan budaya agraris pada segenap masyarakat, agar kegiatan pertanian menjadi salah satu kebanggaan dalam upaya membangun ekonomi nasional yang maju dan sejahtera.

2. Memperkenalkan dan mempromosikan berbagai peran dan prestasi, serta berbagai komoditi pertanian dalam arti luas yang dihasilkan oleh petani.

3. Melakukan berbagai kegiatan bhakti krida dan bhakti sosial sebagai ungkapan rasa syukur dan keberpihakan terhadap pertanian.

4. Meningkatkan citra pertanian, petani dan pelaku pembangunan pertanian.

5. Mencapai tujuan bersama dalam rangka meningkatkan komitmen untuk melindungi dan memberdayakan petani.

Peserta HKP kali ini diikuti oleh petani yang tergabung dalam KTNA se-Kabupaten Ciamis sebanyak 27 Kecamatan, Dinas/Badan/Lembaga Pemerintah/Swasta, Pelaku usaha yang bergerak di Bidang Pertanian, Lembaga Pendidikan, dan Organisasi Petani.

 

 

Press Release By Diskominfo & Bagian Humas Setda

(Visited 41 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
Share This :