Dishub Kabupaten Ciamis Gelar Puncak Bulan Aksi Keselamatan 2019

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis 4 Juli 2019 bertempat di Aula Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis diselenggarakan acara Puncak Bulan Aksi Keselamatan 2019 yang merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Ciamis ke-377. Acara dihadiri oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, Ketua DPRD, unsur Forkopimda, direktur sarana transportasi darat ditjen hubdat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, perwakilan Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal BPSDM Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan perwakilan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota tetangga, kepala BPTD IX Wilayah Jawa Barat, para kepala SKPD, kepala sekolah SMA/SMK dan para Camat se-Kabupaten Ciamis, serta para tamu undangan.

Mengawali acara, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis Drs. Endang Sutrisna, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memeriahkan rangkaian kegiatan hari jadi Kabupaten Ciamis ke 377 dan kegiatan nyata untuk meningkatkan keselamatan jalan, tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan, himbauan dan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya keselamatan di jalan. Bulan keselamatan jalan diselenggarakan lebih dari tiga bulan dimulai pada bulan April s/d Juli bertempat diberbagai lokasi tersebar di Kabupaten Ciamis, puncak bulan keselamatan dilaksanakan pada hari ini tanggal 4 juli 2019 bertempat aula Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis. Pada Bulan Aksi Keselamatan ini juga diselenggarakan pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dan pemilihan abdiyasa teladan.

Direktur Sarana Transportasi Jalan, Sigit Irfansyah dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis yang telah melakukan serangkaian kegiatan keselamatan transportasi jalan dan kegiatan seperti ini diharapkan dapat dilaksanakan secara terus menerus. “Saya berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi kepada daerah lain sehingga dapat meniru dan turut melaksanakan kegiatan serupa di daerahnya, dengan demikian upaya penurunan angka kecelakaan di Indonesia dapat tercapai” ujarnya. Menurutnya keselamatan lalu lintas jalan adalah sebuah kebutuhan pribadi, masyarakat, daerah maupun nasional. Keselamatan adalah kebutuhan masa kini dan masa mendatang.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan bulan aksi keselamatan jalan ini. “saya berharap sekali agar kegiatan bulan keselamatan jalan ini dapat selalu kita laksanakan secara konsisten setiap tahunnya, karena sebagaimana diketahui bersama bahwa menurut catatan dari kepolisian bahwa faktor utama penyebab kecelakaan didominasi oleh human erorr atau kelalaian pengguna jalan”.

Bupati menuturkan, bahwa di Kabupaten Ciamis jika dibandingkan dengan tahun lalu angka kecelakaan meningkat dari 322 kasus menjadi 375 kasus dengan fatalitas korban meninggal dunia sebanyak 181 orang meningkat dari 178 orang dan luka berat dari 151 orang menjadi 233 orang. Hal ini perlu mendapat perhatian dari pemangku kepentingan terutama instansi atau
lembaga yang sudah diamanatkan pada dokumen Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) jalan yaitu instansi unsur perencanaan, unsur kebinamargaan, unsur kepolisian, unsur perhubungan dan unsur kesehatan. sehingga kegiatan aksi keselamatan jalan yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Ciamis ini harus berkelanjutan baik dalam bentuk kampanye, sosialisasi, bimbingan teknis maupun melalui media lainnya untuk lebih meningkatkan pengetahuan kepada masyarakat.

Mengakhiri sambutan sekaligus menutup rangkaian kegiatan bulan keselamatan jalan tahun 2019 dalam rangka hari jadi Kabupaten Ciamis ke-377, Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis agar mindset “kecelakaan adalah sebuah takdir” harus bisa diubah karena kecelakaan di jalan dapat kita upayakan untuk ditekan kejadiannya melalui teknik manajemen keselamatan jalan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dan abdiyasa teladan, dengan data sebagai berikut :

Sebagai peserta terbaik dari pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan yaitu :

  1. Heri Herdiansyah dari SMKN 2 Ciamis;
  2. Azmy Naufal Ramelan K dari SMAN 1 Rancah;
  3. Rifki Ahmad Fauzi dari SMKN Kawali;

Sebagai peserta terbaik pemilihan Abdiyasa Teladan yaitu :

  1. Dadi Mulyadi dari trayek AKDP.
  2. Nursamsi dari trayek Angkutan Perbatasan.
  3. Ijan Agus dari trayek Angkutan Kota.

Juara I Pelajar Pelopor Keselamatan dan Abdiyasa Teladan akan mewakili Kabupaten Ciamis dalam ajang pemilihan di tingkat Provinsi Jawa Barat.

 

 

Press Release By Diskominfo

(Visited 103 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]
Share This :