Touring Hari KRIDA Pertanian (HKP) Ke-47 Ciamis Meriah

posted in: Kabar Ciamis | 0

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan touring HKP ke 47 tahun 2019 Kabupaten Ciamis di Kecamatan Sadananya dinilai meriah, hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme peserta touring yang penuh semangat, riang gembira dan penuh dengan kekeluargaan, demikian ditegaskan oleh ketua panitia Pipin Arif Apilin.

Selanjutnya beliau menjelaskan, bahwa touring HKP tahun ini selain melibatkan seluruh perwakilan peserta dari setiap Kecamatan, gapoktan, dan pihak sponsor juga mengundang seluruh OPD yang ada di Kabupaten Ciamis, tak ayal sekitar 120 kendaraan roda dua ambil bagian menyemarakkan kegiatan tersebut.

Mengambil posisi start dan finish di lokasi HKP lapangan sepak bola Kecamatan Sadananya, tepat jam 08.00 Wib. setiap peserta mulai memacu kuda besinya untuk mengunjungi potensi-potensi unggulan yang ada di Kecamatan Sadananya. Kesempatan pertama seluruh peserta diajak untuk melihat kelompok Gemah Ripah yaitu kelompok peternak ayam sentul yang merupakan salah satu ikon dari Kabupaten Ciamis. Kelompok ini diketuai oleh H. Dadang yang beralamat di dusun Depok, Desa Sukajadi Kecamatan Sadananya.

Setelah itu para peserta melanjutkan perjalanan untuk menuju ke destinasi wisata Agro Pasir Boma di Desa Werasari dengan potensi unggulan tanaman durian. ketua Gapoktan Desa Werasari Tasma menjelaskan bahwa areal kawasan Pasir Boma luas seluruhnya mencapai 25 Ha, saat ini selain sudah ditanami 1000 pohon durian juga telah ditanam pohon nangka, manggis, klengkeng dan kelapa kopyor. Kemudian ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Werasari, Ending menambahkan “kedepan kawasan Pasir Boma akan dilengkapi pula dengan sarana camping area”.

Selanjutnya secara maraton rombongan peserta touring HKP diajak untuk melihat keterampilan para ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) diantaranya KWT Desa Tanjungsari dan KWT Bina Sari, setelah itu peserta touring melihat kelompok pembudidaya ikan Setia Wargi 5 di Dusun Tonggoh RT/RW : 01/01. Desa Sadananya yang telah berhasil membudidayakan ikan mas dan ikan nila prima dengan hasil panen rata-rata mencapai 1,5 ton per-bulan.

Sebelum mengakhiri perjalanan touringnya, seluruh peserta berkesempatan untuk melihat keindahan alam di objek wisata Bina Bestari Cadasngampar yang terletak di Desa Gunungsari, objek wisata ini di kelola oleh BUMDES Gunungsari dan Karang Taruna.

Perjalanan panjang yang menempuh jarak sejauh 45 km akhirnya tiba di kelompok Muktisari Desa Bendasari Kecamatan Sadananya. Di kelompok ini rombongan peserta diberi kesempatan untuk melihat Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes), yang telah berhasil mengembangkan metode penyuluhan ke masyarakat dengan memanfaatkan sarana prasarana Posluhdes pada setiap hari senin minggu ke I dan minggu ke 3 setiap bulannya.

Touring Hari Krida Pertanian (HKP) Kabupaten Ciamis ke 47 tahun 2019 di Kecamatan Sadananya telah membawa kenangan manis tersendiri, karena semua peserta yang ikut berpartisipasi merasa puas dan bangga dengan melihat seluruh potensi unggulan yang ada, karena semuanya sangat menjanjikan dan diyakini suatu saat nanti akan mampu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Semoga, Aamiin.(skdikominfo)

 

 

Press Release By Diskominfo Ciamis

Our Reader Score
[Total: 1 Average: 4]
(Visited 86 times, 1 visits today)