Workshop Paluma Nusantara di Kabupaten Ciamis

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis (30/07) di Meeting Room Hotel Tyara Plaza dilaksanakan Workshop oleh Paluma Nusantara yang bekerja sama dengan ASB, BMZ Jerman dalam rangka program membangun ketangguhan di Indonesia. Pada kesempatan kali ini, Bupati yang diwakili oleh Asisten Daerah Memaparkan Sambutan Bupati sekaligus membuka acara workshop adapun isi sambutan Bupati Ciamis adalah sebagai berikut :

“Bupati atas nama pemerintah Kabupaten Ciamis mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Paluma Nusantara yang telah berkenan memfasilitasi dan menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik dan penuh tanggung jawab. Tentunya ini merupakan suatu bentuk kepedulian Paluma Nusantara terhadap pemerintah daerah dalam rangka mendukung program pemberdayaan masyarakat dan desa yaitu penyelenggaraan pemerintahan dan pemberdayaan masyarakat desa, walaupun saat ini baru membuat file project di 2 desa dikecamatan pamarican yaitu di Desa Sidamulih dan Desa Bangunsari, kami atas nama pemerintah kabupaten ciamis menaruh harapan besar untuk bisa meningkatkan kerjasama serta menambah desa binaan yang ada dikabuapten ciamis.

Kerjasama Paluma Nusantara, ASB dan pemerintah Kabupaten Ciamis didanai dari Paluma dan ASB yang diimplementasikan dalam program membangun ketangguhan di Indonesia, memadukan inklusi dan manajemen resiko dalam pembangunan perdesaan. Dengan adanya kerjasama Paluma Nusantara dan ASB bupati Ciamis menaruh harapan besar bisa diikuti oleh LSM-LSM lokal yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Ciamis dalam rangka mempercepat pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ciamis.

Saat ini didesa dihadapkan dengan berbagai masalah dan tantangan didalam pembangunan desa, tantangan tersebut diantaranya adalah masih rendahnya sumber daya manusia yang berdomisili di desa dan masih ada desa dengan kategori desa tertinggal. Oleh karena itu melalui workshop akhir kegiatan, Paluma di Kabupaten Ciamis ini, Bapak Bupati berharap kegiatan ini mampu menawarkan solusi-solusi konstruktif yang inovatif dalam praktek pembangunan, pemberdayaan masyarakat khususnya peningkatan perekonomian masyarakat desa secara tepat dan cepat, sehingga mampu menjawab persoalan-persoalan yang saat ini sedang dihadapi oleh pemerintah desa dan masyarakat.

Selain itu peran aktif masyarakat dalam pembangunan lebih meningkat, sehingga masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan melestarikan hasil-hasil pembangunan di Kabupaten Ciamis.

Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis melalui misi ke 6 yaitu penguatan otonomi desa dalam rangka mewujudkan kemandirian masyarakat dan desa, yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk program dan kegiatan organisasi dan perangkat daerah, akan selalu terus berupaya melakukan pendampingan dan pembinaan langsung kepada masyarakat dan pemerintah desa.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Daerah itu dilakukan baik berupa kegiatan BIMTEK, pelatihan peningkatan kapasitas perangkat, pembangunan dan monitoring lapangan, serta pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa.” Pungkasnya.

Pada kesempatan hadir perwakilan dari Paluma Nusantara yaitu ibu yayan selaku komisaris area. Ibu yayan menyampaikan semoga workshop ini sebagai penguatan ekonomi masyarakat melalui peran serta kaum disabilitas. Ibu yayan juga mengharapkan dari pemerintah kabupaten ciamis pasca workshop akhir tingkat Kabupaten ini dapat diikuti,
diadopsi dan ditingkatkan. Beliau juga mengharapkan perhatian kepada kaum disabilitas oleh pemerintah Kabupaten Ciamis

 

Press Release By Diskominfo Kabupaten Ciamis

(Visited 52 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 2 Average: 5]