Bupati Buka Bursa Inovasi Desa Zona 5 Tahun 2019

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0

Rabu (31/7) bertempat di Gedung balai reka paminton situs astana gede desa Kawali Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis dilaksanakan Bursa Inovasi Desa Kabupaten Ciamis zona 5 yang meliputi Kecamatan Kawali, Kecamatan Cipaku, Kecamatan Panawangan dan Kecamatan Jatinagara tahun 2019 dan dihadiri oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, Danramil Kawali, Kapolsek Kawali, Kepala Dinas PMD, Konsultan Pendamping wilayah 3 dari Provinsi, Camat Kawali dan Kepala Desa Kawali, Camat Cipaku dan Kepala Desa Cipaku, Camat Panawangan dan Kepala Desa Panawangan, Camat Jatinagara dan Kepala Desa Jatinagara, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan.

Mengawali acara, laporan Ketua Penyelenggara kegiatan Jajang Anwar, S.Pd. “Program Bursa Inovasi Desa bertujuan untuk mengembangkan pembangunan Desa yang memilki daya saing guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa, juga merupakan media pembelajaran untuk masyarakat yang dapat mendukung pembangunan Desa. “Kami sebagai tim zona 5 akan berusaha untuk lebih meningkatkan kinerja untuk mendukung pembangunan Desa dengan lebih baik” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati Ciamis menyampaikan sambutannya sebagai berikut, “Bursa Inovasi Desa intinya untuk mensinergiskan antara RPJMD dengan semua lapisan masyarakat yang harus betul-betul sinergis, RPJMD yang menampung dan menyerap aspirasi dari Musrenbang yang mengutamakan skala prioritas dan terukur dengan keuangan tingkat Desa dan Kabupaten. Dari semua program yang telah direncanakan akan didahulukan sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati demi terarahnya pembangunan Kabupaten Ciamis. Terdapat 19 indikator strategis pembangunan daerah diantaranya Dikdas dan pembekalan keahlian untuk usia dewasa maka dari itu para kepala Desa harus memperhatikan hal tersebut. Laju Pertumbuhan Ekonomi masyarakat harus diperhatikan oleh Desa, diantaranya adalah dengan pengelolaan Bumdes, menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan kesetaraan gender agar semua lapisan masyarakat bisa berusaha atau meningkatkan ekonomi masyarakat secara bersama-sama tidak mengenal jenis kelamin, indeks pengolahan lingkungan hidup demi keseimbangan ekosistem alam.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap agar data tingkat kemiskinan dari BPS dan dari Dinas Sosial sinkron, hal ini bertujuan untuk mengarahkan bantuan yang tepat sasaran kepada masyarakat yang lebih berhak. Peningkatan produksi ikan demi meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan investasi di Kabupaten Ciamis tutupnya.

 

Press Release by Bagian Humas Setda

(Visited 71 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]