STID Sirnarasa Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba di Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri

posted in: BNN News, Kabar Ciamis | 0

Sukamantri. Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Sirnarasa Angkatan Ke III menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba bertempat di Aula Desa Cibeureum Kecamatan Sukamantri. Kamis (1/8/2019).

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan M. Rifki Ikhsan menjelaskan maksud digelarnya penyuluhan tentang narkoba ini untuk menjalankan salah satu program sosial dan agenda kerja KKM di Desa Cibeureum yaitu menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dengan mengundang narasumber dari BNNK Ciamis. Adapun tujuannya untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada remaja dan pemuda karang taruna lingkup Desa Cibeureum, peserta yang diundang merupakan perwakilan dari 9 Dusun yang ada di Lingkup Desa Cibeureum, jelas Rifki.

Semoga ilmu yang didapat dari kegiatan ini bisa bermanfaat untuk kedepannya serta bagi peserta yang berasal dari 9 Dusun ini bisa menyebarluaskan kembali tentang bahaya narkoba kepada masyarakat yang ada di tempatnya masing-masing, pungkas Rifki

Menurut Sekretaris Desa sekaligus sebagai Plh. Kepala Desa Cibeureum, Dudung B Permana, S. Hum., menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa STID Sirnarasa yang telah menggagas penyuluhan tentang bahaya narkoba ini.
Dudung berkeinginan adanya kontrol sosial untuk benar-benar menjaga lingkungannya bersih dari narkoba tidak hanya mengandalkan pihak terkait saja yang menangani masalah narkoba ini.

Peranserta dan pengawasan dari orangtua dan keluarga terdekat itu merupakan hal penting juga termasuk salah satu kontrol sosial yang bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat yang ada di lingkup Desa Cibeureum

Berharap dengan kegiatan ini akan semakin menambah pengetahuan dan informasi tentang narkoba sehingga masyarakat Desa Cibeureum khususnya remaja memiliki kemampuan untuk menolak narkoba, pungkas dudung.
Iwan, Ketua Karangtaruna “Kudaputih” Desa Cibeureum menambahkan kegiatan ini mudah-mudahan tidak terputus sampai disini saja, kedepannya bisa disinergikan dengan kegiatan Karang taruna yang ada di lingkup Desa Cibeureum, sehingga diharapkan semua lapisan masyarakat yang ada benar-benar mampu menjauhi narkoba karena bahaya narkoba sangat berdampak bagi generasi penerus bangsa.

Selanjutnya Narasumber Dari Penyuluh BNNK Ciamis Heri Kurniawan, S. Sos., dalam paparannya yg berjudul “Narkoba Dengan Permasalahnya” Heri tidak hanya menjelaskan apa itu Narkoba, jenis dan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh saja, juga menyampaikan proses seseorang bisa terjerumus dan ketergantungan narkoba.

Menurut Heri upaya pencegahan bisa dilakukan dengan berbagai cara salah satunya dengan penyuluhan seperti ini, bisa juga dengan mencari informasi dan pengetahuan melalui literasi tentang bahaya narkoba. Miliki hobi dan aktivitas yang positif sehingga akan menjauhkan diri dari menyalahgunakan narkoba, yang tidak kalah pentingnya yaitu harus berhati-hati dalam memilih pergaulan serta kuatkan keimanan, pungkas Heri.

 

Press Release By BNNK Ciamis

(Visited 65 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 3 Average: 4.7]