Bupati Hadiri Panen Raya dan Sarasehan Kopi di Sukamantri

posted in: Kabar Ciamis | 0

Sukamantri (6/8), Bertempat di Blok Pangkalan Dusun Ciuncal Desa/Kec Sukamantri Kabupaten Ciamis dilaksanakan panen raya dan sarasehan kopi. Acara dihadiri oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, unsur Forkopimda, Kadis Perkebunan Provinsi Jabar yang diwakili oleh Kabid PMUP Jabar Nandang, JP., Kasi kelola Sumber Daya Hutan Perum Perhutani Ciamis Tarsidi, Asda 1 Drs. H. Adang Darajat, MM., Asda 2 Dr. H. Wasdi Ijudin, M.Si., Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Hj. Kustini MP, Kadisperindagkop Yusuf SA, Kadiskominfo Aep Saepuloh, M.Si, Plt Kadishub Drs. H Endang Sutrisna, M.Si., perwakilan Kajari Ciamis Intan Lakmi Susanti, SH., perwakilan Perbankan Mandiri Ciamis, Perwakilan Pupuk Kujang, KKN Mahasiswa Unigal Ciamis, Ketua Pepabri Syamsuni, KPH Ciamis, Ketua KTNA Kabupaten Ciamis, Muspika Kecamatan Sukamantri, Pelajar dan Kelompok Tani Kopi dengan Jumlah yang hadir kurang lebih 200 orang.

Kegiatan diawali dengan panen raya kopi oleh Bupati Ciamis beserta perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis. Selanjutnya Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir. Hj. Kustini, MP. yang sekaligus sebagai ketua panitia kegiatan menyampaikan laporannya. “Kopi merupakan komoditas di Kabupaten Ciamis, luas lahan perkebunan kopi di Ciamis kurang lebih 2400 hektare berjenis robusta dan arabika, dikembangkan diantaranya di Kecamatan Sukamantri, Panumbangan, Rajadesa, Cihaurbeuti dan lain-lain”. “Cara pemetikan kopi harus diperhatikan, banyak petani belum melaksanakan pemangkasan kopi secara benar, serangan hama belum terkendali, nilai tambah dan daya saing rendah, kopi itu menjadi khas suatu daerah, kopi Ciamis mempunyai cita rasa yang khas, mari kita ciptakan produksi kopi yang berkualitas, materi kegiatan sinergitas program, peluang usaha, luas lahan kopi dilahan perhutani, kami mengundang perum perhutani, mudah-mudahan dengan sarasehan ini kita harapkan akan meningkatkan kualitas kopi di Kabupaten Ciamis” ungkapnya.

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan “Tingkatkan silaturahmi, saya sudah berkeinginan meningkatkan kualitas kopi di Kabupaten Ciamis 720 ton pertahun, mari kita optimalkan produksinya, kami punya kebijakan dan mari kita berdialog bersama, mari kita manfaatkan dan optimalkan kopi agar masyarakat dapat sejahtera, mari kita bahas dan minta masukan dari Bapak semuanya” ujarnya. Seusai membuka acara secara resmi, Bupati menyerahkan 1 unit mesin heuler kopi bagi kelompok tani kopi Sukamantri “Sinar Pagi”.

Masih dalam acara tersebut, perwakilan Dinas Perkebunan Provinsi Jabar menyampaikan sambutannya, “Peningkatan nilai tambah dan daya saing awal perkembangan kopi asalnya dari Priangan, peluang kopi di Kabupaten Ciamis itu paling banyak adalah Robusta, Kopi Robusta mempunyai kekentalan yang bagus, sementara Arabika mempunyai cita rasa dan aroma yang bagus, mari kita perbaiki kualitas kopi di Kabupaten Ciamis, pengelolaan kebun harus sesuai dengan kaidah-kaidah, kopi itu sangat sensitif dengan lingkungan, mari kita perhatikan faktor peningkatan kopi”.

Berikutnya adalah sambutan dari Kasi Kelola Sumber Daya Hutan Perum Perhutani Jabar yang menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis mempunyai kawasan hutan Gunung Syawal dan Gunung Madati seluas 5800 hektar dengan rata-rata ditanami pohon pinus, 3100 hektar hutan produksi dan salah satunya adalah kawasan hutan, kopi secara tidak langsung merupakan pengkayaan jenis tanaman, kopi itu sebagai penahan erosi, kita akan melakukan pembinaan LMDH dan terus melakukan perbaikan, pengelolaan hutan Ciamis sudah mendapat sertifikat dari Jerman yg bersifat nasional, Perhutani sangat mendukung kawasan secara bekerjasama, asal jangan merusak fungsi alam.

 

Press Release by Bagian Humas Setda

Foto by Diskominfo

(Visited 143 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]