Bupati Ciamis Buka Kegiatan Penguatan Kelembagaan KPA Kabupaten Kota di Jawa Barat

posted in: Kabar Ciamis | 0

Bertempat di Operation Room Setda Kabupaten Ciamis, Kamis (15/8) Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya membuka kegiatan Penguatan Kelembagaan Komisi Penanggulangan AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome). Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris KPA Provinsi Jawa Barat Iman Teja Rahmana, Asisten EkbangKesra Setda Kabupaten Ciamis dan sejumlah Kepala SKPD terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis juga Organisasi Kemasyarakatan yang concern terhadap masalah HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis menyatakan bahwa pengidap HIV/AIDS atau yang lebih dikenal dengan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) kini tidak hanya ada di kota-kota besar saja. Penyebaran atau meluasnya HIV/AIDS sampai ke pelosok daerah erat kaitannya dengan penyalahgunaan Narkoba dan perilaku seks bebas. Salah satunya dengan penggunaan jarum suntik secara bergantian atau dengan perilaku seks yang berganti-ganti pasangan. Dua hal tersebut (penyalahgunaan Narkoba dan HIV/AIDS = Red) sangat erat kaitannya. Penyalahgunaan Narkoba sudah jelas-jelas sangat merusak penggunanya yang kebanyakan di golongan usia produktif/generasi muda. Maka sangat disayangkan generasi penerus bangsa digerogoti oleh pengaruh buruk obat-obatan terlarang tersebut.

Untuk itu, diakhir sambutannya Bupati Ciamis menegaskan bahwa langkah preventif yang harus dilakukan adalah dengan menjalin sinergitas melalui koordinasi dan komunikasi antar semua elemen masyarakat baik itu SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis, TNI, Polri, Organisasi Masyarakat serta seluruh masyarakat untuk mencegah masuknya obat-obatan terlarang/Narkoba serta pengaruh buruk yang ditimbulkannya termasuk penyebaran HIV/AIDS di Kabupaten Ciamis.

Menyoal anggaran Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis terkait pencegahan dan penanganan HIV/AIDS Bupati menegaskan akan memperhatikan dengan serius pada SKPD terkait di Pemerintah Kabupaten Ciamis, karena berhubungan dengan Misi pertama Kabupaten Ciamis 2019 – 2024 yaitu “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia”.

 

Press Release by Bagian Humas Setda

(Visited 25 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 1 Average: 5]