Diskominfo Ciamis Kembali Selenggarakan Pelatihan Aplikasi Sapawarga Gelombang Kedua

posted in: Kabar Ciamis | 0

Kawali (23/8), bertempat di gedung Paseban Astanagede Kawali, Diskominfo Kabupaten Ciamis kembali menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Sapawarga gelombang kedua dengan peserta dari Kecamatan Kawali, Kecamatan Jatinagara, Kecamatan Rajadesa dan Kecamatan Tambaksari.

Mengawali kegiatan, Sunu Nugraha perwakilan dari Diskominfo Provinsi Jawa Barat menjelaskan apa itu Aplikasi Sapawarga. “Sapawarga adalah program pemberian fasilitas gadget dan platform aplikasi dari Pemprov Jabar yang dapat mempermudah warga dalam menyampaikan aspirasi, mendapatkan informasi, serta mendapatkan layanan publik yang terintegrasi dalam satu aplikasi” jelasnya.

Selanjutnya Kabid SKDI Diskominfo Drs. Dian Budiyana, M.Si memberikan sambutan ucapan selamat datang kepada para peserta pelatihan. “Pelatihan aplikasi sapawarga gelombang kedua ini diikuti oleh 37 orang peserta yang terdiri dari 10 orang Pendamping Lokal Desa, 1 orang RTIK (Dedemit), 4 orang perangkat kecamatan, 4 orang perangkat desa, dan 18 orang Ketua RW, yang dilatih oleh 2 orang pelatih dari Diskominfo Kabupaten Ciamis” ujarnya.

Dian menjelaskan program ini merupakan salah satu program unggulan Gubernur Jawa Barat dalam bentuk inovasi pelayanan publik yang didesain responsif, integratif dan responsif dari Pemprov Jabar sebagai sarana untuk menyampaikan aspirasi warga masyarakat Jawa Barat. “Aplikasi ini merupakan bentuk keseriusan Pemprov Jabar dan Pemkab Ciamis dalam menyambut Revolusi Industri 4.0” ungkapnya.

Selanjutnya Kepala Seksi Telematika Diskominfo Kabupaten Ciamis, Hendri Ridwansyah, ST., MM. menjelaskan bahwa pelatihan aplikasi sapawarga di Kabupaten Ciamis akan diselenggarakan sebanyak 7 gelombang dengan total peserta yang akan dilatih sebanyak 253 orang tersebar di Kabupaten Ciamis.

Pelatihan diawali dengan instalasi aplikasi sapawarga pada gadget yang telah diterima oleh masing-masing perwakilan Ketua RW dan perangkat desa, kemudian diberikan akses masuk aplikasi sehingga bisa diketahui apa saja menu layanan yang ada pada aplikasi sapawarga tersebut yang diantaranya adalah menu Lapor, Usulan, Survey, Polling, Info Harga, dan e-samsat. Para Pendamping Lokal Desa pun mengikuti tahapan pelatihan dengan seksama karena diharuskan untuk membantu mensosialisasikan dan melatih perangkat desa dan Ketua RW lainnya yang tidak dapat mengikuti pelatihan pada kesempatan ini.

 

Press Release by Diskominfo

Our Reader Score
[Total: 3 Average: 5]
(Visited 203 times, 1 visits today)