Bupati Buka Gebyar Pesona PKH Kabupaten Ciamis Tahun 2019

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis – bertempat di Gelanggang Galuh Taruna (GGT) Kabupaten Ciamis dilaksanakan acara Gebyar Pesona PKH Kabupaten Ciamis Tahun 2019, Sabtu 31 Agustus 2019. Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya, Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, perwakilan DPRD, unsur Forkopimda, Sekertaris Daerah beserta pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharmawanita, Ketua GOW, para Camat, koordinator regional wilayah, SDM PKH Kabupaten Ciamis beserta para penerima manfaat PKH, juga tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis Dra. Hj. Yeyet Trisnayati dalam laporannya menyampaikan, “Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program yang diunggulkan oleh Pemerintah karena dipandang efektif untuk menurunkan angka kemiskinan, sampai saat ini jumlah yang menerima bantuan PKH di Kabupaten Ciamis sebanyak 47.106 KPM. Sebagai upaya untuk mengekpose, mengapresiasi serta mengevaluasi kegiatan PKH dipandang perlu untuk meyelenggarakan Gebyar Pesona PKH Tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan keberhasilan pelaksanaan tugas SDM PKH dalam menjalankan fungsi dan kewajibannya, sebagai percepatan target 10% KPM PKH graduasi sejahtera mandiri di tahun 2020, memberikan sarana promosi bagi kegiatan pemberdayaan ekonomi para keluarga penerima manfaat PKH, memberikan sarana untuk unjuk kreatifitas bagi anak-anak KPM PKH, sarana evaluasi kemampuan KPM dalam memahami konsep PKH dan implementasi kegiatan P2K2 yang dilakukan oleh para pendamping PKH, serta sebagai upaya memberikan apresiasi kepada KPM yang di graduasi sejahtera mandiri” ujarnya.

Yeyet menambahkan bahwa pada Gebyar Pesona PKH Kabupaten Ciamis Tahun 2019 ini akan diisi oleh beberapa agenda kegiatan seperti, bazar produk kelompok KPM PKH dari 27 Kecamatan, lomba mewarnai KPM PKH seluruh Kecamatan, lomba cerdas cermat KPM PKH, lomba yel-yel PKH, pemberian penghargaan kepada KPM graduasi mandiri sejahtera, penampilan kreasi seni, pemberian penghargaan kepada institusi yang telah bekerjasama dengan PKH, senam sehat KPM PKH, apresiasi anak berprestasi, penyerahan bantuan alat kedisabilitasan, pencanangan 10% KPM graduasi sejahtera mandiri tahun 2020. “Alhamdulillah berkat kerja keras semua pihak, Kabupaten Ciamis telah berhasil mengeluarkan KPM dari kepesertaan PKH sebanyak 8.602 KPM dengan rincian 7.698 KPM dengan status graduasi alamiah dan 904 KPM dengan status graduasi sejahtera mandiri yang artinya KPM tersebut tidak lagi menerima bantuan PKH karena sudah meningkat status sosial ekonominya menjadi lebih baik”. Pada akhir laporannya, Yeyet menyampaikan terimakasih kepada Bupati Ciamis atas dukungan dan dorongannya sehingga Tahun 2019 Kabupaten Ciamis mendapat calon KPM PKH sebanyak 8.000 dari Kemensos RI yang tersebar di 27 Kecamatan yang akan segera diverifikasi dan divalidasi oleh para pendamping PKH se-Kabupaten Ciamis.

Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya mengawali sambutannya dengan sebuah pantun “Hujan gerimis dari kemaren, PKH Ciamis memang keren” yang langsung disambut tepuk tangan meriah dari seluruh yang hadir.

Bupati sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara Gebyar Pesona PKH Kabupaten Ciamis Tahun 2019 ini, Bupati berharap masyarakat Kabupaten Ciamis graduasi mandiri semua, ingin masyarakat Ciamis sejahtera. “Dengan anggaran PKH yang besar di Kabupaten Ciamis akan lebih bermanfaat jika tidak hanya digunakan untuk konsumtif akan tetapi digunakan untuk kegiatan yang bersifat produktif harus ditingkatkan, potensi Ciamis sangat banyak tinggal kita bagaimana mengoptimalkan permodalan, InsyaAllah jika itu bisa dilaksanakan masyarakat Kabupaten Ciamis akan lebih sejahtera” ujarnya.

Dengan tingkat pengangguran yang cukup tinggi, Ciamis membutuhkan investor untuk datang dan berinvestasi di Kabupaten Ciamis. “Jika kita kelola dan optimalkan potensi yang ada, Laju Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Ciamis akan meningkat sehingga angka pengangguran dan kemiskinan akan berkurang” ujarnya. Hampir semua program Pemerintah Pusat hingga Daerah fokusnya untuk kesejahteraan masyarakat dengan tujuan untuk mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Bupati menginginkan para KPM PKH di Kabupaten Ciamis kedepan bisa graduasi mandiri dengan program-program pemerintah tersebut. Diakhir sambutannya, Bupati, Wakil Bupati, Kadinsos Provinsi Jabar, Sekda, pimpinan Forkopimda serta Kadinsos Kabupaten Ciamis bersama-sama menekan tombol sirine sebagai tanda dibukanya acara sekaligus pencanangan 10% PKM PKH graduasi sejahtera mandiri.

 

Press Release by Diskominfo

Our Reader Score
[Total: 3 Average: 5]
(Visited 198 times, 1 visits today)