Bupati Tutup Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TNI-AD Tahun 2019

posted in: Kabar Ciamis | 0

Rabu (4/9) bertempat di Desa Jagabaya Kecamatan Panawangan kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TNI Angkatan Darat Tahun 2019 resmi ditutup. Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya yang didampingi Dandim 0613 dan Wakapolres Ciamis, Unsur DPRD Kabupaten dan beberapa Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis mengawali kegiatan dengan Nadran di Makam Leluhur Jagabaya Dalem Jagadita beserta masyarakat memanjatkan do’a untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Tatar Galuh Ciamis dalam rangka “Hajat Bumi”. Kegiatan Penutupan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa TNI AD Tahun 2019 kali ini disatukan dengan kegiatan rutin tahunan Hajat Bumi yang merupakan kegiatan tradisi tahunan masyarakat Kecamatan Panawangan.

Mengawali acara Penutupan BSMSS TNI-AD Tahun 2019 dalam laporannya Pasiter Kodim 0613 Ciamis menyampaikan hasil kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMS) TNI-AD Tahun 2019 yang telah dilaksanakan mulai tanggal 19 Agustus sampai dengan tanggal 1 September 2019 dengan sasaran fisik kegiatan berupa Jalan Desa Jagabaya Blok Pasir Bunut Datarwaru Kecamatan Panawangan. Sedangkan Sasaran Non-Fisik meliputi Aula Desa Jagabaya Kecamatan Panawangan. Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa TNI AD Tahun 2019 ini melibatkan 125 personal yang terdiri dari 20 TNI, ASN Dinas terkait 10 orang dan 95 orang warga masyarakat sasaran kegiatan. Hasil yang dicapai dari kegiatan BSMSS yang merupakan sasaran pokok berupa pembangunan Rabat Beton Jalan Desa Jagabaya Blok Pasir Bunut Datarwaru Kecamatan Panawangan sepanjang 300 meter – lebar 2,5 meter telah selesai dikerjakan 100%. Sedangkan sasaran Non-Fisik hasil yang dicapai meliputi: Sosialisasi Pembinaan Kampung KB, Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkoba, Sosialisasi Teknologi Tepat Guna Pengemasan Makanan Olahan dan Sosialisasi Kampanye dan Promosi Hidup Sehat. Selanjutya Dandim 0613 Ciamis Letkol. Arm. Tri Arto Subagio, M.Int.Rel dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) sangat berbeda dengan tentara-tentara di negara lain. Perbedaannya terletak pada asal TNI berasal dari masyarakat dan bersama-sama masyarakat berjuang membela bangsa dan negara secara manunggal. Lebih lanjut Dandim 0613 Ciamis menyatakan bahwa di daerah ini (Desa Jagabaya) terdapat situs bersejarah tentang perjuangan Tentara Siliwangi yang penting untuk dilestarikan sebagai sebuah lembaran sejarah bagi generasi penerus di kemudian hari. Menutup sambutannya, Dandim 0613 Ciamis mengharapkan kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa TNI AD Tahun 2019 dapat secara berkesinambungan dilanjutkan oleh SKPD terkait.

Dalam acara tersebut dilaksanakan pula penandatanganan Naskah Serah Terima Hasil Pelaksanaan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2019 oleh Bupati Ciamis dan Dandim 0613 Ciamis dilanjutkan dengan penyampaian bantuan Al Qur’an serta bibit pohon kepada warga masyarakat Desa Jagabaya.

Mengawali sambutannya Bupati Ciamis dalam kesempatan tersebut mengapresiasi Dandim 0613 Ciamis yang telah mendorong manunanggalnya TNI dengan masyarakat Desa Jagabaya dengan melaksanakan pembangunan baik fisik maupun non-fisik di lokasi BSMSS. Bupati Ciamis melanjutkan bahwa potensi Desa Jagabaya khususnya, umumnya Kecamatan Panawangan sangat potensial menghasilkan cengkeh, potensi ini diharapkan dihidupkan serta ditingkan kembali. Bupati juga menyampaikan bahwa Kecamatan Panawangan merupakan daerah perbatasan dengan Kabupaten Majalengka. Bupati Ciamis memprioritaskan bahwa daerah-daerah perbatasan untuk menjadi muka atau cerminan Kabupaten Ciamis secara keseluruhan sehingga perlu untuk diprioritaskan.
Bupati selanjutnya menekankan tentang pentingnya gerakan penghijauan di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis untuk menjaga ketersediaan air dan oksigen. Menyangkut hal ini Bupati Ciamis mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menata dan membangun Kabupaten Ciamis menjadi lebih baik lagi.

Menutup sambutannya Bupati Ciamis menghimbau seluruh warga masyarakat untuk selalu mengingat dan menghargai perjuangan dan pengorbanan para leluhur dan menjaga serta meneruskan cita-cita perjuangan para leluhur untuk Ciamis yang lebih baik.

 

Press Release by Bagian Humas Setda

Our Reader Score
[Total: 2 Average: 5]
(Visited 124 times, 1 visits today)