Progres Penyusunan Revisi RTRW Kabupaten Ciamis 2019 – 2039

posted in: Kabar Ciamis | 0

Ciamis (11/9) – bertempat di Aula DPUPRP dilaksanakan ekspose progres penyusunan revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Ciamis 2019 – 2039 yang dihadiri oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya.

Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan progres atau perkembangan/tahapan yang telah ditempuh dan dilalui dalam proses Pemerdaan Revisi RTRW yang telah disusun materi teknisnya pada tahun 2017/18.

Acara ini juga bertujuan untuk melaporkan perkembangan Revisi RTRW Kabupaten Ciamis sebelum menuju proses pemenuhan persyaratan Rekomendasi Gubernur dan persetujuan Substansi. Dengan RTRW Kabupaten Ciamis ini dapat menjadi dasar dalam penetapan arahan kebijakan, pengendalian, pemanfaatan ruang wilayah Kabupaten Ciamis dalam kurun waktu 20 tahun.
Sampai dengan saat ini kita telah menyelesaikan tahap validasi KLHS RTRW dan pengesahan peta tematik oleh Badan Informasi Geospatial.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa jangan tergesa-gesa dalam menyelesaikan Revisi RTRW ini, karena harus disesuaikan dan dikondisikan dengan potensi serta perkembangan yang ada saat ini, mengingat RTRW ini disusun untuk jangka waktu 20 tahun kedepan.”Jadi kita harus benar-benar merencanakannya dengan tepat dan kelak kita tidak akan terbelenggu oleh peraturan yang telah diputuskan” ujarnya.

Bupati menjelaskan bahwa adanya RTRW ini diharapkan dapat memberi ruang-ruang untuk masuknya investor di Kabupaten Ciamis yang bisa meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat Kabupaten Ciamis. Contohnya adanya rencana pembangunan jalan lingkar utara dan juga jalan tol yang diharapkan bisa direncanakan kawasan cepat tumbuh di area-area exit tol seperti dukungan perencanaan kawasan peruntukan industri, perdagangan, atau pergudangan.

Namun tentunya segala perencanaan harus tetap memperhatikan lingkungan. Selain itu juga diharapkan ada perencanaan pengembangan di kawasan perbatasan seperti Kecamatan Panawangan dan Sukamantri dengan keterjangkauan aksesbilitas yang memadai, mengingat adanya Bandara Internasional Kertajati.

Muatan inti dalam Revisi RTRW Kebijakan Penataan Ruang Wilayah Kabupaten Ciamis telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Pedoman Penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Adapun muatan inti dalam RTRW ini adalah:
1. Tujuan, kebijakan dan strategi penataan ruang;
2. Rencana struktur ruang;
3. Rencana pola ruang;
4. Penetapan kawasan strategis;
5. Arahan pemanfaatan ruang; dan
6. Arahan pengendalian pemanfaatan ruang.

Pada dasarnya tujuan penataan ruang wilayah Kabupaten merupakan arahan perwujudan ruang wilayah Kabupaten yang ingin dicapai pada masa yang akan datang. Tujuan penataan ruang Kabupaten Ciamis mewujudkan tata ruang wilayah Kabupaten melalui pemanfaatan Sumber Daya Alam yang efisien, berkelanjutan dan berdaya saing menuju Kabupaten Ciamis yang maju, mandiri dan sejahtera berbasis agrobisnis.

Pada kesempatan tersebut terdapat beberapa masukan dan koreksi terhadap draft Raperda RTRW dari para undangan yang hadir terdiri dari Badan dan Dinas lingkup Pemerintahan Kabupaten Ciamis yang tentu saja bertujuan untuk perbaikan dan ketepatan sasaran dalam muatan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Ciamis 2019 – 2039.

 

Press Release by DPUPRP

(Visited 123 times, 2 visits today)
Our Reader Score
[Total: 4 Average: 4.5]