Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Ciamis

posted in: Kabar Ciamis | 0

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 tingkat Kabupaten Ciamis digelar di Taman Lokasana Ciamis Selasa (1/10). Upacara dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat Ciamis, Forkopimda, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, GOW Ciamis, TNI, POLRI, ASN, Ormas, pemuda, Pelajar dan Mahasiswa.

Inspektur Upacara Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya dalam upacara tersebut membacakan ikrar dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 sebagai berikut: “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya, bahwa sejak diproklamasikan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dihadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan Nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jakarta 1 Oktober 2019 atas nama Bangsa Indonesia, Ketua DPR-RI H. Bambang Soesatyo”.

Demikian dalam upacara tersebut saat Ikrar dibacakan oleh Inspektur Upacara. Suasana seketika hening seluruh peserta upacara seolah sangat ingin menghayati kata demi kata yang tertuang dalam ikrar tersebut.

 

Press Release by Bagian Humas Setda
Foto by Diskominfo

(Visited 52 times, 1 visits today)
Our Reader Score
[Total: 2 Average: 5]